Program Jakonik Bawa Bank DKI Raih Penghargaan IDX Channel Anugerah ESG 2024

saranginews.com, JAKARTA – Bank DKI mendapat penghargaan atas pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan Perseroan.

Penghargaan tersebut diterima IDX Media dalam kategori khusus penghargaan keuangan dan investasi pada acara IDX Channel Anugerah ESG 2024 yang mengangkat tema ‘Optimalisasi ESG untuk Penciptaan Nilai’.

BACA JUGA: Bank DKI Gandeng Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja, Berikan Layanan Perbankan

Penghargaan ini diterima secara eksklusif oleh program CSR Bank DKI yaitu Koperasi Hidroponik Jakarta (Jakonik) sebagai program terbaik dalam implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) Point 1.

Rencana tersebut bertujuan untuk mengakhiri segala bentuk kemiskinan di mana pun, poin 2 menyajikan dunia tanpa kelaparan, dan poin 15 mendukung penggunaan sumber daya alam dunia secara berkelanjutan.

BACA JUGA: Bank DKI Himbau Masyarakat Gunakan Produk Non Tunai Saat Grand Final Bola Voli Pro League 2024

Agus H. Widodo, Direktur Bank DKI, mengatakan Bank DKI selain sebagai lembaga bisnis juga berperan dalam memfasilitasi pembangunan ekonomi dan pemerataan masyarakat DKI Jakarta.

Agus dalam keterangannya, Minggu (28/7), “Program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang dilaksanakan di Bank DKI juga bertujuan untuk memperkuat komunitas lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: Bank DKI Raih Penghargaan Bank Terbaik 2024

Jakonik merupakan program CSR Bank DKI yang telah berjalan sejak tahun 2014.

Program Jakonik melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pengembangan kebun hidroponik berdasarkan kapasitas masyarakat.

Koperasi Hidroponik Jakarta memiliki 11 kelompok anggota yang tersebar di wilayah-wilayah di Jakarta, seperti Rumah Jatinegara Kaum, KS Tubun, Jati Rawasari, Daan Mogot, Cipinang Besar Selatan, Pondok Bambu, Tipar Cakung, Tamborawa, Pasar Rebangs, Pasar Rebangs, dan yang terbaru di RPTRA Cibubur Berseri.

“Anggota Jakonik mendapatkan pelatihan dan bimbingan dalam meningkatkan produksi pertanian dan menjalankan usaha hidroponik,” jelasnya.

Pelatihan dimulai dari lembaga pemasaran hidroponik, pendamping usaha, pemberi pelatihan dan pendamping kebutuhan dasar seperti pupuk, bibit dan peralatan.

 IDX Channel Anugerah ESG 2024 merupakan ajang ucapan terima kasih kepada perusahaan dan CEO yang berkomitmen menerapkan bisnis berkelanjutan di Indonesia.

Beberapa metrik yang digunakan sebagai tolak ukur, antara lain komponen Kinerja, Strategi dan Kebijakan ESG, Pelaporan ESG, Keterlibatan Tata Kelola, dan Keterlibatan Pemangku Kepentingan.

Sekretaris Jenderal Bank DKI Arie Rinaldi menambahkan, sebagai salah satu program CSR Jakonik Bank DKI yang populer, kami berharap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan taraf hidup dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Keberhasilan Jakonik terbukti efektif mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Arie. (mcr4/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *