BAPANAS Awards 2024 Wujud Apresiasi Pada Daerah Jaga Inflasi Pangan

saranginews.com – Jakarta – Kepala Badan Pangan Nasional (NFA) Arif Prasetyo Adi mengatakan, penghargaan Bapanas 2024 merupakan pengakuan daerah yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam menjaga inflasi pangan dan ketahanan pangan nasional.

Selain itu, Penganugerahan Bapa 2024 digelar dalam rangka perayaan HUT Badan Pangan Nasional ke-3.

Baca Juga: Komisi IV DPR Terus Desak Aparat Penegak Hukum Segera Usut Penipuan Bulog-Bapanas Lounge

“Tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan penghargaan berupa ucapan terima kasih kepada organisasi-organisasi yang bergerak di bidang pangan. Kita berharap setelah ini semakin solid,” kata Arif Prasetyo Adi di Jakarta, Minggu (28/07).

Menurut dia, perubahan positif inflasi pangan tercermin dari tren inflasi tahunan dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Mahalnya Harga Beras Saat Ditipu, Bulog-Bapa Tak Berlaku Bagi Rakyat

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa harga komoditas yang fluktuatif selama periode enam tahun memberikan kontribusi besar terhadap inflasi setengah tahunan.

Hal ini mengurangi komponen harga yang fluktuatif dan terkait dengan inflasi yang diamati setiap tahunnya.

Baca juga: Penipuan beras menunjukkan penipuan di Bulog

Pada pertengahan tahun 2022, inflasi komponen harga akan berfluktuasi mendekati angka 8 persen.

Kemudian turun menjadi sekitar 3,30 persen pada pertengahan tahun 2023 dan selanjutnya turun menjadi 1,72 persen pada tahun 2024.

“Dengan adanya penghargaan BAPNAS 2024 ini kami ingin terhubung dengan seluruh pemangku kepentingan di bidang pangan. Tidak ada badan pangan daerah, sehingga organisasinya sempit, tapi kami terhubung dengan kementerian/lembaga terkait sehingga organisasi tersebut bisa bekerja sama dengan daerah. populasi instansi pemerintah di bidang pangan,” ujarnya.

Arif juga menyampaikan bahwa Badan Pangan Nasional selalu bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mencapai ketahanan pangan yang lebih baik di Indonesia.

Langkah ini sangat penting mengingat Indonesia diperkirakan akan menjadi keranjang pangan dunia pada tahun 2045.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, tugas kita adalah menjaga harga pada tingkat yang produktif dengan menjaga daya beli masyarakat dan menjaga tingkat inflasi tetap di bawah pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Penghargaan Bapanas 2024 meliputi berbagai kategori antara lain Gerakan Pangan Murah Terbaik (GPM), Inovasi GPM Terbaik, Pemain Penunjang Pangan SPHP Terbaik.

Kategori lainnya mencakup seluruh komponen ekosistem pangan nasional.

Selain itu, pemberian mobil SPHP, prasarana logistik pangan, dan sertifikat Otoritas Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) juga diberikan kepada beberapa pemerintah daerah. (gir/jpnn)

Baca artikel lainnya… Bulog Tersandung Skandal Ranjang, Sistem Impor yang Dikendalikan Oligarki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *