2 Kantor Bea Cukai Ini Kenalkan Kepabeanan & Cukai kepada Mahasiswa

saranginews.com, JAKARTA – Dua Kantor Bea dan Cukai yakni Kantor Bea dan Cukai Tanjung Emas-Belawan memberikan pembinaan kepada mahasiswa mengenai tugas dan tanggung jawab serta syarat-syarat kepabeanan dan bea masuk.

Bapak Encep Dudi Ginanjar, Ketua Bagian Humas dan Staf Ahli Subkomite Pajak, mengatakan penyelenggaraan tugas perpajakan masyarakat terhadap mahasiswa sejalan dengan komitmennya dalam mengedukasi masyarakat tentang peran dan aturan perpajakan.

Baca Juga: Bentuk 2 Komunitas di Mala, Bea dan Cukai: Kami Siap Kirim UMKM Siap Ekspor,

Dikatakannya, “agar masyarakat lebih memahami tentang peranan pajak dalam perekonomian negara dan fungsi lembaga tersebut, salah satunya adalah untuk melindungi masyarakat yaitu melindungi masyarakat dari peredaran barang haram. “

Ia mengatakan, 40 mahasiswa Totalwin University of Economics (STIE) mengunjungi pos bea cukai Tanjung Emas pada 8 Juli 2024.

Baca Juga: Bea Cukai Riau Bergerak Pagi Hari, Hentikan Truk Pengangkut 2 Juta Batang Rokok Ilegal.

Dalam kunjungan tersebut, Pejabat Bea dan Cukai Provinsi Tanjung Emas menjelaskan tentang dokumen-dokumen terkait dengan proses impor dan ekspor yang diterbitkan, peraturan dan kebijakan perpajakan, peran pajak dan pajak dalam menjaga perekonomian dan keamanan negara.

Anisa Kusumawardani, Pembina Himpunan Mahasiswa Program Akuntansi STIE Totalwin, mengucapkan terima kasih kepada pihak Bea dan Cukai Tanjung Emas yang telah memberikan kesempatan berharga kepada mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya di bidang praktik.

Baca selengkapnya: Bea dan Cukai Ajak Mahasiswa Pahami Perannya Lewat Seri CEFHS

“Acara seperti ini sangat penting untuk menghubungkan teori yang dipelajari di kampus dengan praktek nyata di lapangan. “Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa, khususnya dalam bekerja di dunia,”

Badan pajak dan bea cukai lainnya: Bea Cukai Belawan juga akan berperan dalam edukasi masyarakat dengan mengunjungi Politeknik Negeri Medan pada 10 Juli 2024.

Dalam kampanye bertajuk ‘Bea Cukai ke Kampus’, Bea dan Cukai Belawan bertujuan untuk mengenalkan peran dan fungsi pajak dan masyarakat secara langsung kepada mahasiswa.

Menurut Encep, tujuan dari program ini adalah untuk mendekatkan pajak dan pajak kepada lingkungan akademis sehingga mahasiswa memahami pentingnya pajak dan perpajakan dalam menunjang perekonomian negara.

“Seperti halnya Bea Cukai Tanjung Emas, Bea Cukai Belawan juga mengadakan sesi interaktif dan diskusi terkait profesional di bidang kepabeanan.” Mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang proses perpajakan, peraturan yang berlaku serta peran pajak dan bea cukai dalam menjaga stabilitas perekonomian dan keamanan nasional,” kata Encep.

Menurutnya, upaya Dinas Pajak dan Dinas Kesehatan dalam menjalankan tugasnya di bidang pendidikan diharapkan dapat menjadikan generasi muda memiliki kesadaran yang lebih tinggi akan peran strategis adat dan adat istiadat.

Mahasiswa yang terdidik dapat menjadi agen perubahan, menyebarkan ilmu pengetahuan dan pemahaman yang benar di masyarakat.

“Dengan program edukasi ini, Bea dan Cukai tidak hanya menjalankan fungsi pokok pembinaan dan pelayanan, namun juga berperan aktif dalam menciptakan sumber daya manusia berkualitas yang siap menghadapi tantangan global,” tutup Encep. (Jepang)

Baca artikel lainnya… Apa pertemuan antara Bea Cukai dan Polisi Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *