Upbit Ungkap Derivatif Kripto Kunci Diversifikasi & Pertumbuhan Pasar Keuangan Indonesia

saranginews.com, JAKARTA – Industri kripto di Indonesia terus menunjukkan perkembangan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Aspek penting yang mendapat perhatian adalah turunan kripto.

BACA JUGA: Upbit Mengatakan Ethereum ETF Membuka Akses Baru Untuk Investor Kripto

Instrumen derivatif kripto seperti forward, futures, options, dan swap memainkan peran penting dalam diversifikasi pasar dan manajemen risiko.

Resna Raniadi, Chief Operating Officer (COO) Upbit Indonesia, mengatakan derivatif kripto berperan penting dalam diversifikasi pasar karena memungkinkan investor untuk mulai masuk dan mengambil posisi di berbagai aset digital tanpa harus memilikinya secara langsung.

BACA JUGA: Kenaikan Bitcoin dan Ethereum menunjukkan daya tarik yang kuat terhadap pasar kripto

“Hal ini membantu mengurangi risiko dan menciptakan peluang investasi yang lebih besar,” kata Resna Raniadi, Senin (29/7).

Kriptoderivatif sendiri mencakup berbagai jenis instrumen, seperti forward, futures, options, dan swap.

BACA JUGA: Insiden Penembakan Trump, Bagaimana Reaksi Pasar Kripto?

Instrumen-instrumen ini tidak hanya memungkinkan diversifikasi tetapi juga memberikan likuiditas yang lebih baik di pasar.

Ia menjelaskan, derivatif kripto juga memainkan peran penting di pasar keuangan modern.

Mereka menyediakan instrumen yang memungkinkan investor melindungi nilai aset mereka dari fluktuasi harga ekstrem, mengelola risiko, dan mendapatkan eksposur terhadap aset kripto tanpa harus memilikinya.

Tak hanya itu, pemerintah juga menyatakan bersedia meningkatkan pengembangan bisnis derivatif berbasis cryptocurrency di Indonesia.

Tingginya jumlah investor aset digital yang terdaftar menjadi salah satu alasan mengapa regulator terus mendorong pertumbuhan segmen bisnis ini.

Hal ini juga dibarengi dengan pernyataan regulator yang menyebutkan masih banyak investor dalam negeri yang memperdagangkan derivatif kripto dalam mata uang, yang jika dilakukan di tingkat nasional tentunya dapat meningkatkan pendapatan pemerintah.

“Dengan hadirnya derivatif kripto, pasar menjadi lebih efisien dan terintegrasi sehingga menarik partisipasi lebih besar dari investor institusi dan individu, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lebih luas,” kata Resna.

Resna juga menekankan perlunya mengembangkan dan mendukung produk turunan kripto di Indonesia.

Ia yakin dengan dukungan yang tepat dari pemerintah dan regulator, Indonesia berpotensi menjadi pemimpin industri kripto global.

“Pengembangan derivatif kripto merupakan langkah penting dalam jalur ini,” tegas Resna.

Upbit juga berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan industri kripto di Indonesia dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan ekosistem yang aman dan inovatif bagi seluruh pelaku pasar. (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *