Polres Rohil Bergerak Tangkap Dua Pembakar Lahan

saranginews.com, ROKAN HILIR – Usai memadamkan api di hutan dan rumah di Rokan Hilir (Roohil), polisi melepaskan gas dan menangkap dua pria pelaku kejahatan tersebut.

Kapolsek Rohil, Isa Imam Syahroni mengatakan, hari ini timnya memadamkan hutan dan kebakaran yang banyak terjadi di wilayah Rohil.

BACA: Cuaca Panas, Kebakaran Hutan dan Lahan di 6 Kecamatan Rohil

“Sekarang karhutla sudah musnah, yang tersisa hanyalah pendinginan. Luasnya sekitar 37,5 hektare, kata AKBP Isa kepada saranginews.com, Senin (29/7).

Untuk memadamkan api, berbagai upaya dilakukan, antara lain dengan mengirimkan pekerja, dan alat berat untuk membuat pembatas jalan.

BACA: Remaja Rohil Bunuh Pacarnya Karena Seks, Alasan Memukulnya

Bahkan, AKBP Isa juga membuntuti langsung anggotanya agar api cepat padam.

Banyak permasalahan yang ia hadapi, mulai dari daerah yang sulit dilalui, sumber air yang jauh, dan cuaca yang sangat panas karena sedang musim panas.

BACA LEBIH LANJUT: Pipa Minyak PHR di Rohil Bocor, Rumah Warga Terjangkit Penyakit

Usai memadamkan api, AKBP Isa langsung mengerahkan Tim Reskrim untuk menyelidiki.

“Setelah dilakukan penyelidikan, kami menangkap dua pelaku yaitu RS dan MS,” lanjutnya.

Pelaku rumah sakit merupakan pelaku kebakaran hutan dan rumah yang terjadi di rumah seluas tiga hektar di kawasan Kubu.

Di sisi lain, MS merupakan dalang kebakaran yang merampas lahan di kawasan Sinai dengan lahan terbakar hampir dua hektare.

Selain penangkapan secara pidana, polisi juga berhasil menyita banyak barang bukti yang bisa digunakan dalam proses hukum.

“Kami meminta seluruh warga Rokan Hilir untuk tidak tidur di rumah. Kondisi cuaca saat ini sangat mendukung terjadinya kebakaran hutan. Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan dan mencegah bencana hutan dan kebakaran, kata AKBP Isa. (mcr36/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *