Ingin Sirkulasi Darah Tubuh Makin Lancar, Konsumsi 6 Makanan Ini

saranginews.com, JAKARTA – Mengonsumsi makanan tertentu bisa membantu sirkulasi darah dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

Sirkulasi yang buruk adalah masalah umum saat ini.

BACA JUGA: 7 tips alami melancarkan peredaran darah

Penyebabnya bisa berupa obesitas, merokok, diabetes, dan penyakit Raynaud.

Sirkulasi darah yang buruk dapat menimbulkan berbagai masalah lain, seperti nyeri, nyeri otot, gangguan pencernaan, mati rasa, serta tangan dan kaki dingin.

BACA: 8 Makanan Ini Ampuh Atasi Sakit Maag

Jika masalahnya menjadi parah, bisa diobati dengan obat-obatan.

Namun, ada perubahan pola makan dan gaya hidup tertentu yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

BACA JUGA: Mengonsumsi makanan ini baik untuk menyehatkan peredaran darah

Selain mengonsumsi makanan yang tepat, Anda dapat melakukan beberapa perubahan gaya hidup yang akan memberikan hasil jangka panjang.

Dokter menyarankan untuk berhenti merokok, menghindari stres, tidak makan gorengan, banyak minum air putih setiap hari, makan makanan kaya serat, dan berolahraga secukupnya untuk membantu melancarkan aliran darah.

Berikut penjelasannya seperti dikutip dari laman Healthshots.com.1. Makanan kaya flavonoid

Makanan kaya flavonoid, seperti bawang bombay dan delima, membantu meningkatkan sirkulasi.

Bawang bombay diketahui dapat membantu kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi dengan cara melebarkan arteri dan melancarkan peredaran darah hingga meningkatkan aliran darah.

Anda juga bisa meminum jus delima yang membuka pembuluh darah untuk memberikan ruang bagi peningkatan aliran darah. Selain itu juga menjaga arteri agar tidak menebal dan mengeras 2. Makanan kaya oksida nitrat

Makanan yang mengandung oksida nitrat dalam jumlah yang tepat seperti cabai merah, bawang putih, kayu manis, bit, dan sayuran berdaun hijau penting untuk meningkatkan sirkulasi.

Kunyit dengan kurkumin juga membantu melancarkan peredaran darah.3. Vitamin C dalam bentuk apapun selalu bermanfaat

Vitamin C berasal dari buah jeruk yang kaya akan flavonoid seperti jeruk nipis manis sering membantu melebarkan pembuluh darah.

Hal ini juga membantu mengurangi peradangan pada tubuh dan dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kekakuan pada pembuluh darah sekaligus meningkatkan aliran darah.

Selain itu, semangka juga dikenal dapat melancarkan peredaran darah karena mengandung likopen yang merupakan antioksidan alami yang melancarkan peredaran darah.4. Sebuah kenari

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari membantu meningkatkan aliran darah dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh. L-arginine adalah prekursor asam nitrat dan ditemukan dalam kenari.5. Tomat dan beri

Tomat dan buah-buahan memblokir enzim yang mengubah angiotensin, yang menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi.

Lycopene dalam tomat melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Vitamin K dalam tomat menjaga pendarahan dan pembekuan darah tetap terkendali sekaligus meningkatkan sirkulasi.

Selain itu, blueberry dan stroberi mengandung flavonoid yang membuka arteri dan meningkatkan aliran darah. asam lemak omega-3

Ikan berlemak dan asam lemak omega-3 mengurangi aterosklerosis dan meningkatkan sirkulasi.

Selain itu, pola makan kaya asam lemak tersebut mengurangi risiko serangan jantung dan stroke (fny/jpnn).

BACA ARTIKEL LENGKAP… Tingkatkan mood Anda dengan mengonsumsi 4 makanan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *