Enam Parpol Usung Bos PSIS Yoyok Sukawi Maju di Pilkada 2024

saranginews.com, SEMARANG – Enam partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Maju Semarang mengumumkan dukungannya terhadap Yoyok Sukawi sebagai calon Wali Kota Kota Semarang pada Pilkada 2024.

Koalisi tersebut terdiri dari Partai Demokrat, PKS, PAN, PKB, PPP, dan Partai NasDem.

Baca juga: Dapat Pujian dari PKB, Yoyok Sukawi Makin Bertekad Maju di Pilkada Kota Semarang

Enam parpol sepakat mencalonkan bos PSIS bernama lengkap Alamsyah Satyanegara Sukawijaya itu pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada Kota Semarang.

Dalam pernyataan dukungannya, Ketua Umum masing-masing parpol memberikan alasannya mendukung Yuyuk Sukavi.

Baca juga: Hasil Survei Jelang Pilkada Kota Semarang: Hewearita Paling Layak, Yoyok Sukawi Kaget

Salah satu poin mendasarnya, anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat yang memiliki darah pemimpin berasal dari Kota Semarang.

Saya menerima dan mengemban amanah Wali Kota Semarang, kata Yuyok saat deklarasi di Hotel Santika, Kota Semarang, Sabtu malam (27/7).

Baca Juga: Kapolres Jember Marah, 5 Anggota Petarung PSHT Serang, Aipda Parmanto Luka Berat

Sementara Yoyok yang mengantongi 20 kursi dari gabungan enam parpol, tinggal selangkah lagi bersaing di Pilkada Kota Semarang yang digelar November mendatang.

“Kami masih menunggu keempat partai tersebut mendaftar. Saya berharap teman-teman di luar koalisi bisa bersinergi membangun Kota Semarang yang lebih maju,” ujarnya.

Empat parpol yang terlibat adalah Partai Gerindra, Golkar, PSI, termasuk PDI Perjuangan.

Youk mengaku menjalin komunikasi intensif dengan keempat parpol tersebut.

“Sudah saatnya Kota Semarang bangkit dan bermartabat. Pelayanannya harus bersih dari korupsi dan pungli, harus diperbaiki dan kembali pada prioritas kebijakan yang mengutamakan rakyat,” ujarnya.

Deklarasi dukungan terhadap Yoyok pun disebut-sebut merupakan pengulangan kisah kemenangan ayahnya, Sukawi Sutarip, berpasangan dengan Machfud Ali pada pemilihan walikota dan wakil walikota atau Pilwakot Semarang tahun 2005.

Saat itu, Sukavi-Mahfud memimpin dengan 73 persen dari lima calon di Pilkada Kota Semarang. Sukawi Sutarip hadir dalam deklarasi dukungan terhadap putranya.

Pak Yuyok yang pertama sepulang kantor, kita besar harapannya, beliau dan keluarga Wali Kota pasti belajar dari bapaknya, kata Walikota Semarang PX Suharsono.

Ia mengatakan, Koalisi Maju Semarang didirikan di bawah pemerintahan baru Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yakni Aliansi Maju Indonesia.

Menurut dia, koalisi akan bekerja sama dan menerima seluruh parpol tanpa terkecuali untuk memenangkan Yoyok Sukawi di Pilkada Kota Semarang.

“Tidak ada kata-kata kotor dan permusuhan satu sama lain. Semua harus bersama-sama membangun Kota Semarang,” jelasnya.

Usai deklarasi, koalisi Semarang akan menetapkan pemenang sekaligus menyiapkan nama calon wakil wali kota yang akan mendampingi Yuyak Sukavi. (mcr5/jpnn) Video terpopuler hari ini:

Baca artikel lain… Klaim 3 RS Kesehatan Palsu BPJS Miliar Rupiah, Intervensi BPK, Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *