Elektabilitas Kaesang bin Jokowi di Jateng ‘Keok’ dari Tokoh NU

saranginews.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Nahdlatul Ulama (NU) Lembaga Kajian Kepemilikan Indonesia (LKPI) Togu Lubis mengatakan Witjaksono ikut serta dalam Pilgub Jawa Tengah 2024.

Togu menjelaskan, nama Witjaksono dicantumkan sebagai wakil gubernur pada upacara di Jawa Tengah.

Baca juga: Jajak Pendapat LKPI: Dian-Jadug Berpeluang Menangkan Pilbup Jepar

“Hal ini terlihat dari hasil survei yang kami lakukan,” kata Togu Lubis dalam keterangannya, Kamis (25 Juli).

Togu mengatakan, survei tersebut dilakukan berdasarkan brainstorming lima nama bakal calon wakil gubernur yang akan dijadikan responden. Alhasil, terpilihnya Witjakson dikalahkan oleh Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Bambang Pacul Bicara Pilgub Jateng: Banyak yang Mencalonkan Andika Perkasa

Hasilnya, Witjaksono terpilih tertinggi dengan 33,1 persen, disusul Kaesang Pangarep 29,4 persen, Sri Mulyani 10,6 persen, Yusuf Chudlori 7,1 persen, Dico Ganinduto 5,2 persen, dan tidak terpilih 14,6 persen. dikatakan. .

Sementara Andika Perkasa berpasangan dengan Witjakson unggul dengan perolehan suara 39,7 persen dari tiga calon gubernur dan wakil gubernur.

Baca Juga: Kaesang Beri Optimisme Maju di Pilgub Jateng: Peluang Menang Sangat Besar

Kaesang Pangarep -M Yusuf Chudlori kedua dengan 28,3 persen, Ahmad Lutfie – Taj Yasin ketiga dengan partisipasi pemilih 16,2 persen dan non-pemilih 15,8 persen, kata Togu.

LKPI juga melakukan survei elektabilitas calon Gubernur Jawa Tengah pada tahun 2024.

Berdasarkan hasil jajak pendapat semi terbuka, mantan Panglima TNI Andika Perkasa berada di urutan kedua dengan 29,7 persen dan Ketua PSI Kaesang Pangarep dengan 15,1 persen.

Saat responden ditanya latar belakang sosok yang ingin menjadi kepala daerah di Jawa Tengah, 35,2 persen menginginkannya menjadi sosok purnawirawan TNI-Polri.

Kemudian 25,7 persen berlatar belakang bisnis sukses, 18,7 persen organisasi Islam, 7,3 persen ASN, 6,4 persen berlatar belakang politik, dan 6,7 persen lainnya, kata Togu.

Togu menjelaskan, dalam uji tiruan lima nama calon gubernur yang dipaparkan kepada responden, Andika Perkasa mendapat dukungan 34,7 persen.

Disusul Kaesang Pangarep 18,3 persen, Ahmad Luthfi 13,1 persen, Hendrar Prihadi 10,6 persen, dan Taj Yasin 9,1 persen, tidak memilih 14,2 persen, kata Togu.

Dijelaskannya, survei ini dilakukan pada tanggal 9 hingga 19 Juli 2024 di Provinsi Jawa Tengah. 1.680 responden survei memenuhi kriteria berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka dengan menggunakan metode simple random sampling. Margin of error jajak pendapat tersebut tercatat +/- 2,39 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengamat politik dan intelijen Surya Fermana mengatakan berdasarkan jajak pendapat, masyarakat Jateng menunjukkan masyarakat Jateng kekurangan kepemimpinan gubernur dari unsur TNI-Polri.

Sementara itu, Gubernur dari dunia usaha, seperti Witjaksono, pendiri perusahaan perikanan PT Dua Putra Utama Makmur, menginginkan lebih banyak paparan publik.

Selain itu, Witjaksono juga berhasil mencatatkan dua perusahaan di BEI, karyawannya sudah banyak yang mencapai ribuan orang dan untung hingga miliaran rupiah. Artinya, Witjaksono saat ini menjadi inspirasi bagi anak muda di Jawa Tengah yang ingin sukses. ,” kata Surya.

Widjaksono dikenal sebagai pengusaha muda NU asal Pati. Witjaksono, Pendiri perusahaan perikanan PT DPUM.tbk dan Ketua Umum Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU). (mcr10/jpnn) yang akan datang Tonton video ini juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *