Pendaftaran PPPK 2024 & CPNS Sebentar Lagi, Beragam Isu Panas Menanti

saranginews.com – JAKARTA – Laporan dua pejabat Departemen Administrasi Negara dan Reformasi (PANRB) menjadi indikasi kuat dibukanya pendaftaran CPNS 2024 dan 2024.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, pembahasan di Manajemen ASN PP Hakarere sudah mencapai tahap akhir yakni memasuki tahap pengajuan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

BACA JUGA: Informasi Lengkap Pendaftaran PPPK dan CPNS 2024, Alhamdulillah

Perlu diketahui, salah satu unsur PP Manajemen ASN adalah terkait persyaratan non-ASN, terkait penempatan personel bereputasi seperti PPK.

Oleh karena itu, undang-undang yang memuat aspek teknis perundingan PPPK 2024 dan CPNS 2024 sebaiknya dilihat pada undang-undang yang lebih tinggi yaitu PP Manajemen ASN.

BACA JUGA: Pimpinan K2: UU Pemda Rekrut Penghargaan, Pendaftaran PPPK Kini Dibuka!

Dengan kata lain, PermenPAN-RB yang mengatur teknis penjualan CASN 2024, hendaknya melihat PP Manajemen ASN sebagai terbitnya UU No. 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara.

Secara umum, dalam pembahasan CASN tahun-tahun sebelumnya akan ada PermenPANRB pembelian PPPK 2024, PermenPANRB pembelian CPNS 2024, dan PermenPANRB pembelian PPPK guru tahun 2024.

BACA: Pemda Kaya, Semua Guru Terhormat Dilantik 2024, Tapi PPPK Belum

Plt. Wakil Direktur Sumber Daya Manusia (SDMA) KemenPAN-RB Aba Subagja mengatakan, kedudukan Rancangan PermenPAN-RB Pengadaan CASN 2024 ada di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk dipublikasikan.

“Pengadaan PermenPAN-RB untuk program kenaikan pangkat CPNS 2024 dan PPPK 2024,” kata Aba Subagja kepada saranginews.com, Kamis (25/7).

Aba juga membenarkan, jadwal pembukaan pendaftaran PPPK 2024 dan CPNS 2024 sudah direncanakan, yakni Juli-Agustus.

“Sampai saat ini Juli-Agustus. Tidak akan ditunda lagi sampai tahun 2025,” kata Aba kepada saranginews.com, Kamis (25/7) Isu hangat jelang Pendaftaran PPPK 2024.

Apa yang dimaksud dalam Peraturan Menteri PANRB tentang Pengadaan PPPK Tahun 2024?

Jika mengacu pada PermenPAN-RB No. 14 Tahun 2023 tentang Pembelian Jabatan Kerja PPPK 2023, banyak hal penting yang disebutkan dalam istilah teknis tersebut.

Susunan Panselnas dan susunannya serta Panitia Seleksi PPPK di tingkat perusahaan ditetapkan dalam PermenPAN-RB.

Di dalamnya diperjelas persyaratan terkait tahapan pengadaan barang dan jasa di PPPK, mulai dari perencanaan, publikasi lembaga, pengajuan permohonan, seleksi, pengumuman hasil seleksi, dan penetapan sebagai PPPK.

Pada bagian permohonan, persyaratan bagi mereka yang mendapat kehormatan untuk dapat mendaftar pada PPPK pilihan 2024, pada bagian ini harus dicantumkan sebaran prasarana bagi penyandang disabilitas.

Hal ini juga berkaitan dengan proses seleksi, termasuk seleksi manajemen dan seleksi keterampilan.

Permasalahan terkait kontrak kerja PPPK dibahas dalam bab tersendiri.

Ketentuan Kementerian Tata Usaha Negara dan UU Reformasi Perkantoran mengatur tentang syarat pegawai honorer yang bisa mendaftar PPPK 2024, sehingga bisa menyebabkan sebagian pegawai honorer tersebut tersingkir.

Akan sangat menyedihkan bagi mereka yang sekarang memiliki jutaan pekerja yang layak, namun mereka tidak dipekerjakan dengan baik oleh pemerintah daerah.

Apalagi terpilihnya PPPK 2024 akan menentukan nasib jutaan pekerja terhormat. Mereka yang gagal seleksi berisiko kehilangan pekerjaan karena UU ASN mengamanatkan syarat honorer harus diselesaikan pada akhir tahun ini. Setelah itu, pegawai di departemen pemerintah hanya ada dua jenis, yaitu PNS dan PPPK.

Oleh karena itu, jika proses pendaftaran PPPK 2024 dikatakan honornya masuk ke database BKN, namun saat ini banyak pekerja honorer yang merasa honornya tercecer.

Kekuatan perselisihan juga terletak pada kebijakan pengukuhan terhadap seluruh calon K2 dan calon P1, yakni yang sudah lulus sertifikasi PPPK tahun 2021, namun belum mendapat jabatan.

Hal yang sama berlaku untuk bisnis yang Anda lamar. Apakah pegawai yang berjasa harus melamar posisi PPPK di departemen tempatnya bekerja saat ini, atau bisa melamar di instansi lain?

Minimnya pembangunan PPPK pada tahun 2024, seperti pada tahun 2023, akan memperlebar alasan migrasi. Penghargaan tersebut dialihkan ke departemen lain.

Saatnya iklan panas untuk infrastruktur PPPK. Karyawan terhormat yang tidak membuka kantornya berbaris dengan tanda dan berteriak lagi.

Titik terlemahnya adalah terkait status teridentifikasi sebagai Divisi PPPK.

Apakah penilaian didasarkan pada sertifikasi akhir? Pekerjaan apa yang Anda lakukan ketika Anda adalah orang terhormat? Atau berkarir sebagai petugas kehormatan? Atau kekuatan finansial masing-masing pemerintah daerah?

Masih banyak tantangan menjelang pendaftaran PPPK 2024 yang diperkirakan akan tiba Agustus mendatang. (sam/jpnn)Jangan lewatkan video pilihan editor ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *