Kemenperin Luncurkan Startup4Industry Investment Summit, Ini Tujuannya

saranginews.com, Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Lainnya (Ditjen IKMA) menyelenggarakan wadah bagi produsen dan startup teknologi di Indonesia melalui Technology Alliance Summit 2024.

Operasi ini ditujukan kepada industri Tech Startup dan pemangku kepentingan lainnya. Operasi ini resmi ditutup pada 20 Juli 2024, menandai dimulainya babak baru dalam percepatan transformasi teknologi industri di Indonesia.

BACA JUGA: Perkembangan Ekonomi Zona Evakuasi Pertamina Dipuji Kementerian Desa PDTT

“Ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan untuk mendukung startup-startup menjanjikan. Kegiatan puncak terakhir adalah pemanasan. Startup4Industry 2024 Investment Summit, sebuah platform yang mempertemukan startup teknologi berpotensi tinggi dengan investor. untuk mendorong keberlanjutan inovasi kewirausahaan,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Lainnya dalam keterangannya. Pada hari Sabtu (20 Juli)

Dirjen IKMA juga menekankan pentingnya evaluasi menyeluruh terhadap Joint Technology Summit 2024, yang merupakan kunci untuk mengukur dampak sebenarnya dari acara tersebut. dan menentukan strategi yang lebih efektif untuk KTT Aliansi Teknologi 2025.

BACA JUGA: Multi Harapan Utama menerima penghargaan dari Kementerian Desa PDTT

Reni menambahkan: “Ini merupakan komitmen Kementerian Perindustrian untuk terus mendorong kerja sama antara startup dan pelaku usaha di industri.”

Tech Link Summit 2024 tidak hanya menjadi ajang pertemuan para startup dan pelaku bisnis di industri. Namun hal ini juga menyediakan platform untuk kolaborasi interdisipliner.

BACA JUGA: Jamintel: Program LDII adalah solusi krisis nasional akibat pengaruh asing

Keterlibatan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Migran serta Badan Pengawasan Elektronik dan Kripto Nasional (BSSN) merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam mendorong perubahan teknologi di seluruh lapisan masyarakat dan sektor ekonomi.

“Acara ini sukses mempertemukan puluhan startup dan pelaku usaha di industri tersebut. Menciptakan peluang kerja sama yang saling menguntungkan. dan memperkuat ekosistem startup yang komprehensif di Indonesia,” tambahnya.

Kata Dini Hanggandari, Direktur Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Transportasi (LMEA). Startup4 Industry selalu menjadi saluran yang menghubungkan kebutuhan industri dengan solusi teknologi dari startup.

”via Startup4Industry Kami tidak hanya menghubungkan startup dengan pasar potensial. Namun juga membuka peluang akses bagi investor domestik dan global. Dan ini merupakan langkah konkrit untuk memperkuat ekosistem startup di Indonesia,” jelas Dini.

Proyek Startup4Industry Summit 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan startup teknologi Indonesia.

“Kami berharap proyek ini dapat menjadi katalis perubahan teknologi di Indonesia,” tambah Dini.

Dini mengatakan, forum tersebut akan mempertemukan startup-startup terpilih dari program tersebut. Startup4 Industri Menjalin kerja sama dengan calon investor dalam dan luar negeri.

“Tujuannya untuk memberikan peluang pendanaan yang komprehensif bagi startup. Mempercepat pertumbuhan dan mendorong inovasi di sektor industri,” tambahnya.

“Kami berharap Startup4 Industry Investment Summit 2024 dapat memberikan platform bagi para startup untuk mempresentasikan solusi teknologinya kepada investor. Dapatkan feedback yang berharga dan ciptakan kemitraan strategis,” tutup Dini.

Lukas Dedy Setiyawan, Ketua Umum Asosiasi Industri Startup Indonesia (Starfindo), mengatakan keberhasilan acara tiga hari tersebut cukup menunjukkan antusiasme yang besar. baik dari startup maupun pelaku industri

“Acara tersebut dihadiri 752 orang dan pertemuan bisnis sebanyak 71 kali,” kata Dedi.

Dalam kesempatan tersebut, Dedy menjelaskan Starfindo menegaskan perluasan jaringan asosiasi Starfindo hingga wilayah Sulawesi Tengah dan Jawa Timur dengan membangun kemitraan dengan aktivis lokal.

“Perluasan jaringan ini bertujuan untuk memperkuat ekosistem solusi teknologi industri manufaktur di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Baca artikel lainnya… Akibat Sengketa Hak Pakai Gereja Konflik Masyarakat di Jakarta Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *