Bea Cukai Beri Wadah Siswa SMA Berkarya di Bidang Akademis dan Seni Lewat Kompetisi

saranginews.com, JAKARTA – 2024 Pameran Bea dan Cukai (PRBC) resmi dibuka dengan tema “Bekerja Sama Membangun Bangsa”.

Gelaran perdana PRBC 2024 akan berlangsung pada hari kedua tahun 2024. minggu bulan September, dan siklus acara akan dimulai dari bulan Juli tahun ini.

BACA JUGA: Gabungan Pemusnahan Barang Bukti, Bea dan Cukai perkuat sinergi antarlembaga

Ensep Dudi Ginandjar, Kasubdit Humas dan Pembinaan Bea Cukai, mengatakan PRBC merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk mengedukasi berbagai lapisan masyarakat. Hosting online dan offline, kontes dan pameran.

Rangkaian kegiatan PRBC 2024 antara lain Pekan UMKM Pelaku UMKM se-Indonesia yang diselenggarakan bersamaan pada tahun 2024. 2-4 Juli

BACA JUGA: GIIAS 2024 dapat konsesi TPPB, konsesi bea dan cukai: bentuk dukungan pemerintah

Selain itu, pada tahun 2024 10-12 September diadakan Pekan UMKM yang merupakan pameran UMKM yang disponsori oleh Kementerian Keuangan.

Acara selanjutnya adalah Customs and Excise High School Festival (CEFHS), sebuah sosialisasi dan kompetisi tingkat nasional bagi siswa SMA/sederajat yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. 8 Juli-12 September

BACA JUGA: Bea Cukai Sukabumi berharap dapat meningkatkan efisiensi operasional logistik nasional

Agenda lainnya adalah University Customs and Excise Festival (CEFU) yang merupakan sosialisasi dan kompetisi nasional bagi mahasiswa yang berlangsung pada 8 Juli hingga 12 September 2024.

Akhirnya pada tahun 2024 12 September akan menjadi tuan rumah Seminar Ekonomi Kepabeanan dan Cukai (CEES), sebuah seminar yang mengkaji topik-topik ekonomi yang relevan bagi akademisi dan praktisi.

“Sejumlah sesi PRBC telah dilaksanakan pada bulan Juli ini, khusus untuk Siswa Sekolah Menengah Atas/Sederajat (CEFHS) dan Siswa Sekolah Menengah Atas (CEFU) dengan harapan dapat memperdalam pengetahuan dan pemahaman tentang adat istiadat dan adat istiadat generasi muda,” kata Encep. Kamis (25/7)

Untuk mendukung pelaksanaan Encep PRBC 2024, telah teridentifikasi beberapa unit vertikal Bea dan Cukai yang menetapkan beberapa SMA/MAN/sederajat.

Kantor Bea Cukai yang melaksanakan sosialisasi adalah Bea Cukai Pangkalpinang, Bea Cukai Pasuruan, Bea Cukai Pontianak, Kanwil Bea Cukai Bali Nusra, dan Bea Cukai Aceh.

“Tujuan kunjungan Bea dan Cukai ke beberapa sekolah adalah untuk mengenalkan tugas dan fungsi Bea dan Cukai, peran Bea dan Cukai di ABBN serta undangan untuk mengikuti tender kegiatan CEFHS,” jelas Encep.

Lomba yang dibuka untuk siswa SMA/sederajat antara lain Lomba Baca Puisi, Lomba Bahasa Inggris, Lomba News Anchor, Lomba Berbaris (LKBB), Lomba Paduan Suara, Lomba Tari Ratoh Jaro dan Lomba Gulat Sekolah.

Segala kegiatan kontes tidak memerlukan registrasi atau pendaftaran, informasi lengkap tersedia di bit.ly/prbc2024.

“Kegiatan PRBC 2024 akan membantu penguatan usaha kecil dan menengah, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kepabeanan dan cukai, serta kesadaran akan penipuan yang mengatasnamakan kepabeanan dan cukai,” tutup Encep. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *