Terobosan Masif, BP2MI Ekspansi dan Menjajaki Peluang Kerja PMI di Kanada

saranginews.com – Jakarta – Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mempraktikkan slogan tahun 2024 “Gerakan Masif, Kerja Progresif” yang tidak hanya diterjemahkan dalam bentuk transformasi internal, namun juga dilakukan melalui kolaborasi yang diperluas secara eksternal. Hal ini sejalan dengan semangat kerja sama yang terus diusung Direktur BP2MI Benny Rhamdani.

BP2MI baru-baru ini melakukan kunjungan kerja ke Kanada untuk memperluas kesempatan kerja di Amerika Utara. Dalam kunjungan tersebut, delegasi yang dipimpin Sekretaris Senior BP2MI Rinardi melakukan kunjungan kehormatan dengan Duta Besar RI untuk Kanada Daniel Tumpal Simanjuntak di Wisma Indonesia di Ottawa pada Kamis (11/7).

Baca Juga: Temui Agen Perekrutan di AS. BP2MI menjajaki kerjasama untuk penempatan perawat terdaftar.

Rinardi mengatakan BP2MI berkomitmen untuk bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi New Brunswick di Kanada dalam bidang kesehatan melalui inisiatif Government to G (G to G). Menurut Rinardi, provinsi dan wilayah Kanada lainnya juga akan ikut serta bekerja sama dengan pemerintah Indonesia.

Agenda kunjungan kerja BP2MI kali ini adalah menjajaki kerja sama dengan pemerintah New Brunswick, Kanada. Kita akan meningkatkan kerja sama dan menjaga komitmen BP2MI untuk membangun kerja sama aktif dengan semua pihak. Kerjasama di Kanada tidak hanya terbatas di New Brunswick: “Peluang ini terbuka untuk wilayah lain di Kanada,” kata Rinardi dalam keterangannya, Kamis (25 Juli).

Baca juga: BP2MI perkuat kerja sama dengan media untuk lindungi PMI

Menurut Rinardi, BP2MI ingin memperluas kerjasama dengan pemerintah Kanada untuk mengerahkan PMI di sektor lain, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dengan demikian, BP2Mi tidak hanya terbatas pada ruang kolaborasi parsial.

“Tentunya kami tertutup dan tidak fokus pada inisiatif kerja sama tertentu. Untuk itu, BP2MI mencoba membangun dialog dalam kunjungan ini untuk mencari peluang kerja di berbagai sektor. Semua yang kami lakukan antara lain: “Dear Indonesia,” ujar mantan Direktur – umum Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

BACA JUGA: Benny bantu polisi selidiki kasus ASN BP2MI yang jadi kurir narkoba

Duta Besar Indonesia untuk Kanada Daniel Tumpal Simanjuntak beserta jajaran menyambut baik kunjungan kerja BP2MI. Ia pun menyambut baik rencana BP2MI untuk memperluas kerja sama ini.

“Kami menyambut baik kehadiran rombongan BP2MI untuk kunjungan kerja. Pada dasarnya kami ikut serta dalam memberikan dukungan dan menyampaikan informasi atau apa yang dibutuhkan di Kanada. Adapun kerjasama ini sangat bagus, jadi kami pasti akan mendukungnya, ” Daniel pun mengatakan dalam pernyataan yang sama.

Selain itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ottawa mendukung terwujudnya kerja sama tersebut. KBRI juga mendorong terwujudnya kerja sama serupa dengan provinsi dan wilayah lain di Kanada.

Khusus untuk tim BP2MI yang mendampingi Sekda Rinardi dalam kunjungan kerja tersebut antara lain Agustinus Gatot Hermawan, Wakil Menteri Bidang Penempatan dan Perlindungan Amerika dan Pasifik, Sheny Fithriani, Analis Penempatan dan Perlindungan PMI, serta Risky Maulyan Anggit, Penyusun Berita dan Opini.  (*/anak laki-laki/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *