Pemda Kaya, Seluruh Guru Honorer Diangkat 2024, tetapi Bukan PPPK

saranginews.com – JAKARTA – Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten DKI Jakarta mendanai 4.000 guru honorer melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Pemkab DKI Jakarta akan merekrut 1.700 orang melalui jalur Kontrak Kerja Perorangan atau KKI pada tahun ini.

Baca Juga: KemenPAN-RB Isyarat Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Segera Dibuka Disiapkan Kehormatan

Menurut Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Khoirudin, sumber daya keuangan Pemprov DKI Jakarta mampu merekrut sekitar 4.100 guru honorer untuk menjadi guru KKI.

“Saya kira kemampuan keuangan Pemprov DKI bisa mengcover lebih dari 4.100 guru honorer yang diangkat menjadi KKI,” ujarnya usai mengikuti rapat paripurna penyampaian Laporan Keuangan Pemprov DKI Tahun 2023. BPK RI di DPRD DKI Jakarta; Kamis (25/7).

Baca Juga: Pendaftaran PPPK 2024 Belum Jelas; Apakah banyak pensiunan yang menunggu? Oh

Khoirudin mengatakan, hal itu akan dibahas dalam Pajak dan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2024 yang kemungkinan akan diterapkan pada September mendatang.

“Saya akan segera membahas perubahan yang akan dibahas pada forum APBD September nanti. (Keuangan) sangat mumpuni; Ini akan menjadi tebal, Yang tersisa hanyalah kaki mana yang harus disikat. Ini harus segera dilakukan,” ujarnya.

Baca: Memang, Cheater dalam seleksi PPPK bukan hanya orang sembarangan saja.

Hal serupa juga disampaikan Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak.

Dia menyebutkan, APBD DKI Jakarta mencapai Rp 81,7 triliun cukup untuk merekrut 4.000 guru honorer menjadi KKI.

Kemudian, DPRD DKI Jakarta juga akan membentuk klausul yang menekankan pengangkatan seluruh guru honorer dan penerapan sekolah gratis di Jakarta.

Saya berharap pasal DPRD DKI memberi perhatian khusus pada dua hal. Pertama, guru honorer diangkat menjadi guru KKI. Kedua, ada persoalan sekolah gratis, kata Jhonny.

Pada saat yang sama, Plt Administrator DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Dinas Pendidikan DKI Jakarta berkoordinasi dengan Sekda DKI Jakarta dan DPRD agar rekrutmen bisa dilakukan pada tahun ini.

“Saya minta Kepala Dinas Pendidikan berkoordinasi dengan Sekda, DPRD, dan sebaiknya semuanya diproses sekarang pada tahun 2024,” kata Heru. (antara/jpnn) Sudah lihat video terbaru di bawah ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *