Lewat Kegiatan Ini, Erick Thohir Konsisten Utamakan Kesehatan Mental Karyawan BUMN

saranginews.com, Jakarta – Menteri BUMN Eric Tohir menyatakan komitmennya untuk memprioritaskan kesehatan mental pegawai BUMN di Indonesia.

Ide tersebut diungkapkan melalui Road Show Storytelling 1000 orang yang digelar baru-baru ini di Sekul Jayagiri Resort, Bandung, Jawa Barat pada Kamis (19/7).

Baca Juga: Eric Toher dorong pegawai BUMN punya keterampilan digital

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 312 juta pegawai dan influencer BUMN Jawa Barat yang diundang untuk berbagi pemikiran untuk menciptakan kesadaran terhadap kesehatan mental.

Menteri Eric Toher melalui Staf Khusus III menyampaikan kepada Menteri BUMN Arya Senolinga tentang pentingnya layanan kesehatan mental, terutama di masa pertumbuhan pesat dan tekanan bisnis serta transformasi digital.

Baca Juga: Eric Tohir Sebut Hush Hemat Bahan Bakar Rp 3,2 Triliun Setiap Tahunnya

“Banyak perubahan yang terjadi di perusahaan, seiring berkembangnya teknologi digital, tekanannya pun semakin besar.”

Oleh karena itu, kata Arya Sinoling, penting bagi pegawai BUMN untuk mengetahui cara melepaskan emosi, mengekspresikan diri hingga membantunya mengatasi stres.

Menteri melihat hal itu dan mulai bergerak di organisasi-organisasi, berbicara tidak hanya tentang pekerjaan atau uang tetapi juga tentang pikiran dan semangat pegawai BUMN, kata Arya.

Project 1000 People Storytelling berawal dari kampanye kesehatan mental, wadah yang aman dan nyaman bagi pegawai BUMN untuk berbagi cerita tentang dirinya.

Pada edisi Jawa Barat kali ini terdapat sesi meditasi yang dipimpin oleh Putra Virmuda (praktisi mindfulness), dilanjutkan dengan talkshow dengan beberapa poin praktis yang dianggap dekat dengan terapi kesehatan mental, antara lain Novy Yulianti (Psikis), Eva. Kustiyawan (BUMN). The Runners), Ariel Tatum (Yang Berwenang), dan Adenda Krishila (Putri Indonesia 2022).

Kelompok diskusi dengan psikolog Ayesha Yohanida Noor, berbincang tatap muka dengan psikolog dan ditutup dengan lima poin.

Penyelenggaraan kegiatan terkait kesehatan mental ini sejalan dengan komitmen Eric Toher dalam meningkatkan kualitas hidup pegawai BUMN.

Hal ini serupa dengan peluncuran Kebijakan Kesejahteraan Pegawai (EWP) yang dilakukan Kementerian BUMN beberapa waktu lalu.

EWP menjadi panduan bagi BUMN untuk melihat aspek lain dalam kehidupan karyawannya di luar pekerjaan, salah satunya adalah kesehatan mental.

Arya mengatakan Kementerian BUMN mendukung hal tersebut dan perusahaan mendorong kebutuhan kesehatan mental karyawannya dengan menyediakan ruang tenang, tempat refleksi dan diskusi di perusahaan.

“Kami memiliki hotline bagi pegawai BUMN yang membutuhkan bantuan kesehatan mentalnya. Tentu saja kinerja perusahaan akan lebih baik, dan perusahaan tidak lagi memperlakukan pegawai sebagai angka, tetapi sebagai individu. Arya.

1000 People Telling Stories Jabar merupakan bagian dari rangkaian road trip yang menjangkau para pegawai milenial BUMN.

Hal ini menempatkan Jawa Barat pada peringkat ke-7 yang mendaftarkan kegiatannya, berkat kerja sama Kementerian BUMN dengan Human Development Platform yang didukung oleh Telkom Indonesia, Pertamina, KAI, Biopharma, dan Pos Indonesia.

Rencananya kedepannya upaya ini akan dilanjutkan di kota dan provinsi lain guna meningkatkan aktivitas literasi dan kesehatan mental di Indonesia sehingga masyarakat dapat hidup nyaman dan sejahtera. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *