Kenaikan Gaji Berkala & Tamsil PPPK Bukan Prioritas, Kepala Daerah Sibuk Pilkada, Kocak!

saranginews.com, JAKARTA – Jelang Pilkada yang digelar pada 27 November 2024, para pemimpin daerah (kadas) tak lagi fokus menangani PPPK, apalagi kompensasinya. 

Kadas dianggap lalai dalam menaikkan gaji pokok (KGB) dan penghasilan tambahan (tamsil). 

BACA JUGA: 2.271 PPPK Formasi 2023 Lulus SK, Kabar Ini Diberitakan Agus Fatoni

Begitu pula saat menangani soal kehormatan melalui pengangkatan pegawai negeri sipil dalam kontrak kerja (PPPK).

“Di Bondowoso, para pejabat sibuk memikirkan pilkada, sehingga lalai memberikan hak PPPK, termasuk KGB dan tamsil, yang seharusnya dimiliki teman-teman ASN PPPK. Lucu sekali,” kata Ketua ASN PPPK dan Ketua K2 Indonesia itu. Persatuan Honoré Jufri (PHK2I) di Kabupaten Bondowoso pada saranginews.com, Senin (22/7).

BACA JUGA: Ekowi: Pendaftaran PPPK Akhir Juli 2024 Belum Dimulai, Ada Apa?

Ia mengaku telah menghubungi Kementerian Pendidikan terkait gambar tersebut. Namun, masih belum ada sekuelnya. Bahkan, akan ada perubahan anggaran dalam waktu dekat.

Jufri juga meminta kepala daerah tidak hanya memikirkan jabatannya dan mengabaikan hak ASN PPPK. 

BACA JUGA: Lowongan Guru Terhormat Dibuka Agustus, Tak Hanya Pos PPPK

“Berani menunjuk PPPK berarti kami siap kehilangan hak kami. Kalau tidak ada kenaikan gaji yang sah dan tidak diberikan tunjangan, apa bedanya PPPK dengan iurannya,” tegasnya. 

Jufri menambahkan, situasi semakin sulit karena belum adanya syarat yang dikeluarkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Banding Sipil Negara (ASN).

Jika aturan ini diberlakukan, lanjutnya, maka sistem pengangkatan PPPK tahun 2024 akan lebih jelas. Ada PPPK paruh waktu dan penuh.

Begitu pula hak PPPK akan sama dengan PNS. Keduanya menerima gaji tetap, upah dan pensiun.

“Kalau pemerintah serius, repatriasi sementara tidak diperpanjang. Begitu PPPK dilantik, mereka akan menikmati semua haknya. (esy/jpnn) Jangan lewatkan video terakhir:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *