Antares Tracking jadi Solusi Digital Permudah Pelaku Bisnis Pantau Aset Perusahaan

saranginews.com, Jakarta – Telkom Indonesia kembali berinovasi memberikan solusi digital yang relevan kepada industri, khususnya dunia usaha tanah air.

Salah satu inovasi terbarunya adalah solusi digital dari kampanye Indibiz yang dirancang untuk sektor transportasi, logistik, dan pelayaran.

Baca Juga: Emmanuel Ebenezer: TelkomSigma Umumkan Hasil Audit untuk Bongkar Penipuan PDNS

Melalui solusi Internet of Things (IoT) Antares Track & Trace (Antares Tracking), pelaku bisnis dapat memantau dan memantau armada kendaraan atau aset perusahaan secara efektif.

OVP Enterprise Regional Management Telkom Reni Yustiani mengatakan kehadiran Indibiz Ekspedisi akan memperkuat posisi Indibiz di pasar business-to-business (B2B) sebagai ekosistem solusi digital khususnya bagi pelaku UKM di wilayah-wilayah Indonesia.

Baca Juga: IndiBiz Tawarkan Solusi Digitalisasi Bisnis Perhotelan di Kawasan

Kekuatan rantai pasok komoditas terletak pada jaringan distribusi, termasuk pergerakan peti kemas dari satu kota ke kota lain di Indonesia.

“Jika UKM di wilayah ini memanfaatkan solusi digital dari IndiBiz Expedition, kami berharap pekerjaan rumah logistik di Indonesia akan semakin mudah,” jelas Rainey dalam siaran persnya, Senin (22/7).

Baca Juga: Telkom mengizinkan pelaku usaha melakukan upgrade melalui Indibiz

Ia menambahkan, semakin banyak UKM di Indonesia yang menggunakan solusi digital, maka semakin besar pula peluang digitalisasi bisnis.

“Saya berharap kita dapat memajukan perekonomian Indonesia dengan mengandalkan kekuatan rantai pasokannya,” ujarnya.

Solusi pelacakan Antares digital dari Indibiz Expedition dapat mengelola dan memantau armada kendaraan atau aset perusahaan secara efektif.

Dengan cara ini, produktivitas bisnis meningkat, operasional menjadi lebih efisien, biaya pengoperasian armada berkurang, dan keselamatan armada dikelola dengan lebih baik.

Seorang pelanggan PT Tanto Intim Line (Intim) mengungkapkan dirinya menggunakan Indibiz Ekpedisi. Mereka mendapat manfaat dari pelacakan Antares.

Perusahaan ekspedisi pelayaran yang memiliki lebih dari 50 kapal kontainer ini telah bermitra dengan Telecom. Hal ini ditegaskan pada awal Agustus 2023 dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua pihak di Telkom Landmark Tower, Jakarta.

Bagi Intim, nama baik perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1971 ini harus dijaga. Ia menambahkan, keamanan pengiriman barang melalui tracking container IoT menjadi nilai tambah bagi pelanggan Intim.

Dengan bantuan infrastruktur Telkom yang kuat, Inti optimis mampu mengatasi kendala yang dihadapi.

“Kami sudah menyediakan layanan pelacakan sendiri, namun seringkali kami menghadapi kendala seperti sinyal ruang kosong sehingga kerugian kargo akibat sistem pelacakan yang tidak efektif sangat besar,” kata Direktur IT PT Tanto Intim Line, Agung Praytno.

Lanjutnya, menjadi tanggung jawab Intim untuk memastikan muatan kontainer berada pada jalur yang benar.

Seluruh proses pergerakan harus dipantau secara real-time, akurat dan tepat, mulai dari dalam area depo hingga luar depo.

Seluruh proses pemantauan peti kemas dilengkapi dengan GPS tracking, fitur Bluetooth gateway dan dashboard yang dapat dipantau dengan mudah dan akurat. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan Intim lebih berkembang dan berkelanjutan.

Penerapan solusi pelacakan kontainer IoT dari Indibiz Expedition dapat mengefisienkan biaya operasional perusahaan, mengoptimalkan pelacakan kontainer secara real-time, serta mengurangi penipuan dan mengurangi peluang perusahaan kehilangan kargo.

“Kerja sama dengan Telkom selalu berjalan dengan baik dan kami berharap kerja sama kami dengan Telecom dapat terus berlanjut,” kata Agung. (ddy/jpnn)

Baca artikel lainnya… Indibiz ajak ratusan guru akselerasi pembelajaran digital melalui program IDL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *