Anggaran Makan Siang Gratis Dipotong Lagi? Airlangga Berkata Begini

saranginews.com – Makan Siang Gizi Gratis, program Presiden terpilih Prabowo Subiano, masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlanga Hartarto pun memastikan anggaran program gizi gratis tidak akan dikurangi.

Baca juga: Budget Makan Siang Gratis Rp 7.500 per Porsi? Budisatrio: Perkiraan

“Anggaran program gizi gratis tidak dikurangi,” kata Airlanga saat ditemui di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (20/7).

Airlanga melaporkan, makan siang gratis akan menelan biaya Rp 71 triliun pada RAPBN 2025.

Baca juga: Bicara Demokrasi Jokowi: Kami Juga Dengar Ada Masyarakat yang Ingin Menghina Presiden

Namun penerapan program makan siang gratis akan menyesuaikan indeks harga pangan di masing-masing daerah.

“Tinggal menerapkan program makan siang gratis saja karena tiap daerah mempunyai indeks yang berbeda-beda,” kata Airlanga.

Baca juga: Menteri Trenggono Usul Kerjasama dengan KPK

Sebelumnya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (MENCO PMK) Muhadjir Effendi mengatakan, makanan gratis seharga Rp7.500 per porsi sudah cukup.

Angka tersebut disebut lebih rendah dibandingkan anggaran per saham yang ditetapkan sebelumnya sebesar Rp 15.000 per saham.

“Saya kira Rp 7.500 sudah terlalu mahal untuk beberapa daerah,” kata Muhadjir Effendi di Jakarta, Kamis (18/7).

Muhadjir mengatakan, kebijakan anggaran nutrisi gratis yang diturunkan menjadi Rp 7.500 per saham masih terus dikembangkan.

Dikatakannya, volume sekunder tidak bisa dikatakan terlalu rendah untuk semua daerah, karena harga pangan dan tingkat inflasi masing-masing daerah berbeda-beda (ant/jpnn). Jangan lewatkan video terakhir:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *