Zelenskyy Hormati Keputusan Joe Biden Mundur dari Pilpres AS

saranginews.com – Jakarta – Joe Biden telah mengundurkan diri sebagai calon presiden AS.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menghormati keputusan Presiden AS Joe Biden untuk tidak mencalonkan diri kembali.

Baca juga: China Tak Mau Tanggapi Pengunduran Diri Joe Biden di Pilpres AS

Biden berterima kasih kepada Kiev atas dukungannya.

“Banyak keputusan telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir yang akan dikenang sebagai langkah berani yang diambil Presiden Biden di masa-masa sulit,” kata Zelensky di X. Dan kami menghormati keputusan sulit namun menentukan hari ini.”

Baca Juga: Obama Ikut Manuver, Kamala Harris Ancam Tak Mencalonkan Presiden

Zelensky melontarkan pernyataan tersebut setelah Biden mengumumkan akan mundur dari pemilu presiden AS 2024 dan wakilnya Kamala Harris mendukung pencalonan Partai Demokrat dalam pemilu presiden AS.

“Ukraina berterima kasih kepada Presiden Biden atas dukungannya yang berkelanjutan terhadap perjuangan Ukraina untuk kebebasan, yang, bersama dengan dukungan bipartisan yang kuat dari AS, telah dan terus menjadi hal yang penting,” kata Zelensky.

Baca juga: Kamala Harris Tegaskan Kesiapannya Ikut Pilpres AS

Biden membantu Ukraina pada “momen paling dramatis dalam sejarah” dan juga membantu Kiev mencegah Presiden Rusia Vladimir Putin “menduduki negara kami.”

Pencalonan Biden mendapat perhatian setelah kinerja buruknya melawan mantan Presiden AS Donald Trump dalam debat presiden akhir bulan lalu.

Di tengah tekanan yang meningkat, Biden yang berusia 81 tahun mengatakan dalam sebuah surat bahwa menjadi presiden merupakan “kehormatan terbesar” dalam hidupnya.

“Meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin demi kepentingan terbaik partai saya dan negara saya, saya mengundurkan diri dan memfokuskan sisa masa jabatan saya sebagai presiden,” kata Biden. (antara/jpnn) Jangan lewatkan video pilihan editor ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *