Berkat Finansial KoinP2P, Usaha Konveksi Gage Nusa Perkasa Terus Berkembang

saranginews.com, JAKARTA – KoinP2P yang bermitra dengan KoinWorks sebagai platform penyedia produk pinjaman bagi UMKM berkomitmen memastikan kontribusinya terhadap inklusi keuangan dan memberikan dampak positif bagi seluruh pengguna dan masyarakat luas.

KoinP2P menyampaikan komitmennya dengan berbagi kisah inspiratif dari salah satu peminjam UMKM miliknya.

BACA JUGA: KoinWorks Luncurkan Impact Report 2023

CV Gage Nusa Perkasa, salah satu KoinP2P lender yang bergerak di bidang konveksi tekstil dan pakaian, menunjukkan perkembangan yang menggembirakan dalam beberapa tahun terakhir.

Kisah ini secara khusus menyoroti dampak KoinP2P dalam mendukung pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja melalui pendanaan tingkat ekosistem.

BACA JUGA: SIG Raih Penghargaan Most Outstanding Women Business Leaders 2024

Vinarno, pemilik CV Gage Nusa Perkasa, menekuni dunia konveksi sejak lulus SMA pada tahun 2008, setelah merantau ke Jakarta, dan kemudian memberanikan diri membuka usaha pada tahun 2012.

Berbekal tekad yang kuat, Vinarno memulai usahanya dari awal dengan mempelajari berbagai jenis kain dan menawarkan bahan pakaian ke pasar.

BACA JUGA: Pupuk Indonesia tetap salurkan pupuk bersubsidi meski kontraknya belum diperpanjang

Meski menghadapi beberapa tantangan, termasuk saat menawarkan kain di pasar Tana Abang, namun kerja kerasnya mulai membuahkan hasil.

“Kalau kami diterima di lapangan dan di benak pelanggan, maka masyarakat akan mencari kami,” kata Winarno.

Pada tahun 2020, Winarno diperkenalkan dengan KoinP2P oleh Wifkain, salah satu mitra KoinP2P yang bergerak di bidang tekstil.

Sejak itu, ia menggunakan dana KoinP2P melalui Wifkain untuk membeli peralatan dan operasional bisnis.

“Dengan modal dan daya beli yang lebih besar, bisnis konveksi ini tidak hanya akan bertahan, tetapi akan berkembang pesat. “Berkat pinjaman ini, produksi kami meningkat hampir 300% dari sebelumnya dan memungkinkan kami menerima pesanan dari lebih banyak merek,” kata Winarno.

Sejalan dengan misi KoinWorks untuk mengembangkan UMKM di tingkat ekosistem, pendanaan melalui mitra strategis KoinWorks memungkinkan UMKM lebih berdaya dengan fleksibilitas dalam mengelola arus kasnya secara efektif.

Hal ini tidak hanya meningkatkan likuiditas UMKM, tetapi juga memperkuat koneksi bisnis di ekosistem pasar yang lebih luas, seperti menambah pelanggan dan mitra bisnisnya.

Selain peningkatan kapasitas usaha, dampak positif pendanaan KoinP2P terlihat jelas pada peningkatan jumlah karyawan di CV Gage Nusa Perkasa.

Pada tahun 2020, jumlah karyawan pada usaha ini tercatat sebanyak 30 orang, dan empat tahun kemudian bertambah menjadi 100 orang karyawan yang berprofesi sebagai pemotong kain, penjahit, dan penjual. Usaha ini semakin mantap ketika lokasi usaha dipindahkan ke ruko setelah mendapat pembiayaan.

Pertumbuhan ini menunjukkan bagaimana akses terhadap pembiayaan dapat menciptakan lebih banyak lapangan kerja, yang merupakan salah satu hasil utama dari Laporan Dampak 2023 “Meningkatkan Ekosistem UMKM”.

Kisah bisnis Winarno menjadi bukti nyata komitmen KoinWorks terhadap pembiayaan berkelanjutan dan pengembangan UMKM di seluruh Indonesia.

Sektor konveksi memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia dengan memberikan lapangan kerja yang besar, meningkatkan pendapatan rumah tangga serta mendukung pembangunan infrastruktur dan industri yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Dengan memberikan akses pembiayaan yang inklusif, KoinWorks membantu UMKM mengatasi tantangan, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja (chi/jpnn).

BACA ARTIKEL LAINNYA… 5 Tips Latihan Kekuatan Agar Performa Lari Puncak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *