Obama Ikut Bermanuver, Kamala Harris Terancam Gagal Jadi Capres

saranginews.com, WASHINGTON DC – Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama segera bertindak setelah Joe Biden mundur dari pencalonan presiden dari Partai Demokrat.

Politisi senior Partai Demokrat nampaknya tak setuju jika pencalonan presiden diberikan langsung kepada Kamala Harris.

BACA JUGA: Reza Indragiri berharap Presiden Jokowi mencontoh Barack Obama soal ini

Seperti diketahui, Presiden Amerika Serikat saat ini, Joe Biden, mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilihan presiden pada Minggu (21 Juli) waktu setempat.

Dia juga mengumumkan dukungannya terhadap Wakil Presiden Kamala Harris untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

BACA JUGA: Obama Ingatkan Joe Biden tentang Tugas Berat Amerika Serikat

Obama, yang mengeluarkan pernyataan setelah pengumuman tersebut, tampaknya tidak sependapat dengan Biden.

Lupakan mendukung Harris, presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat bahkan tidak menyebut nama wakil presiden dalam pernyataannya.

BACA JUGA: Begini Ingatan Barack Obama pada Chadwick Boseman

Sebaliknya, ia mengumumkan ingin pengganti Biden diputuskan melalui proses internal partai.

“Saya mempunyai keyakinan luar biasa bahwa para pemimpin partai kami akan mampu menciptakan proses untuk menghasilkan kandidat yang luar biasa,” tulis Obama.

Pada hari yang sama, NBC News melaporkan bahwa anggota Partai Demokrat Kongres Amerika Serikat juga menginginkan calon presiden pengganti Biden dipilih melalui proses terbuka.

Mantan Presiden AS Bill Clinton dan istrinya Hillary secara terpisah mengatakan mereka bergabung dengan Biden dalam mendukung Kamala Harris untuk nominasi presiden dari Partai Demokrat. (ant/dil/jpnn) Ayo tonton juga video ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *