Kehadiran IKN Berdampak Positif, Laba Bersih BSBK Meroket Tajam

saranginews.com, BALIKPAPAN – PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK) mengumumkan penjualan dan laba usaha sebesar Rp 170,7 miliar.

Jumlah tersebut meningkat 9,71% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni senilai Rp155,6 miliar.

Baca Juga: Penyewa Mall dan Wisatawan di Kawasan IKN Meningkat, BSBK Hadirkan Konsep One Off Lifestyle

Peningkatan kinerja tersebut disebabkan oleh peningkatan penjualan apartemen yang mencapai 51,58% dibandingkan tahun 2023.

Selain itu, peningkatan pendapatan usaha juga memberikan kontribusi yang besar. Hal ini terutama ditopang oleh dua mal milik perseroan.

Baca Juga: Semester 1 2024, Jacindo Raih Kinerja Spektakuler

E-Walk Mall dan Pentacity Mall mengalami peningkatan tingkat okupansi masing-masing menjadi 97,91% dan 82,82% pada semester I 2024, dibandingkan 95,80% dan 79,26% pada periode yang sama tahun lalu.

Faktor eksternal seperti perkembangan Wilayah Ibu Kota Negara (IKN) kepulauan juga turut berkontribusi terhadap membaiknya kinerja keuangan BSBK.

Baca selengkapnya: Batu bata SIG Interlock, solusi konstruksi lebih cepat, tahan gempa, dan ramah lingkungan

Dampak positif perkembangan IKN Nusantara antara lain mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Berdasarkan data Diskominfo Kalimantan Timur, pada April 2024 penumpang udara domestik meningkat sebesar 24,75% (tahun lalu), penumpang udara internasional meningkat sebesar 40,98% (tahun lalu), dan penumpang laut domestik meningkat sebesar 30,64% (tahun lalu).

Pada bulan yang sama, seluruh penumpang mencapai 378,27 ribu orang.

Tingginya masuknya migran luar kota ke Blackpan terkait dengan pembangunan IKN menyebabkan peningkatan permintaan terhadap perumahan.

Termasuk apartemen yang ditawarkan di kawasan BSBK baik untuk dibeli maupun disewakan.

Kawasan BSBK dengan fasilitas yang lengkap menjadi daya tarik positif dan menarik bagi pendatang baru maupun investor untuk membeli, menyewa atau berinvestasi dengan membeli apartemen di kawasan tersebut.

Peningkatan penjualan dan laba operasional perseroan akan mendorong perolehan laba operasional pada semester I 2024.

Laba usahanya mencapai 71,8 miliar dolar, meningkat 43,45% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 50,1 miliar.

Dari sisi laba, perseroan berhasil meningkatkan laba bersihnya secara signifikan hingga 39,8 miliar euro pada semester I 2024.

Pencapaian tersebut meningkat 203,8% dari laba bersih periode yang sama tahun lalu sekitar Rp13,1 miliar.

“Peningkatan laba bersih ini tidak bisa dipisahkan dari faktor eksternal dan internal perusahaan. Dari luar, kondisi bisnis saat ini jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu. Percepatan perkembangan IKN menyebabkan semakin banyak masyarakat yang merantau. kepada Blackpan, karena kota ini Daniel Wirawan, Direktur BSBK menjelaskan bahwa “akan datang buffer Most untuk IKN, sehingga “kebutuhan akan perumahan semakin meningkat”.

Ia menambahkan, “Dari sisi internal, perseroan masih mampu mengeluarkan biaya pendapatan yang signifikan,” imbuhnya.

Secara seimbang, total aset perseroan mencapai Rp2,516 triliun pada kuartal I 2024, naik dari Rp2,494 triliun pada akhir tahun 2023.

Perseroan juga berhasil menekan total utang menjadi Rp642 miliar dari tahun lalu Rp661 miliar. Sementara itu, total modal meningkat menjadi Rp1,725 ​​triliun dibandingkan Rp1,685 triliun pada akhir tahun 2023.

Kenaikan ini disebabkan meningkatnya pendapatan tetap perseroan pada semester I 2024.

Pada semester II tahun 2024, BSBK merencanakan strategi multifase untuk meningkatkan kinerja. Di sektor komersial, perseroan akan memperkenalkan tenant-tenant baru yang mampu menarik wisatawan.

BSBK juga berencana mempercepat pembangunan proyek untuk memanfaatkan peluang pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Selain itu, guna meningkatkan kunjungan serta memberikan pengalaman dan pelayanan terbaik kepada pengunjung, BSBK berencana meningkatkan fasilitas mal agar pengunjung dapat merasakan pengalaman unik dan nyaman. (chi/jpnn) Jangan sampai ketinggalan video terbarunya .

Baca artikel lainnya… Upacara HUT RI ke-79 di IKN akan mengukir sejarah bagi Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *