BSKDN Menekankan Pentingnya Kualitas Rekomendasi Kebijakan untuk Sukseskan Program Nasional

saranginews.com – JAKARTA – Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (BSKDN Kemendagri) menekankan pentingnya kualitas rekomendasi kebijakan bagi keberhasilan program nasional pemerintah.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris BSKDN Noudy R.P. Tendean mewakili Direktur BSKDN Yusharto Huntoyungo memimpin rapat pembekalan tentang Pembangunan Lingkungan Hidup, Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim untuk Mendukung Program Prioritas Nasional di Aula BSKDN pada Senin, 22 Juli 2024.

BACA JUGA: Direktur BSKDN Kunjungi Riau dan Bahas Strategi Replikasi Inovasi yang Efektif

“Kami (BSKDN) bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait dalam berbagai permasalahan nasional seperti kemiskinan ekstrem, stunting hingga menghasilkan rekomendasi kebijakan yang berkualitas,” jelas Noudy.

Sedang berlangsung: BSKDN terus berupaya meningkatkan kualitas rekomendasi kebijakan melalui database yang matang dan matang.

BACA JUGA: BSKDN optimis tujuan percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem akan tercapai

Rekomendasi kebijakan mutu tidak hanya berdasarkan data, namun juga mempertimbangkan berbagai aspek dan dampak jangka panjangnya.

“Hasil kajian tersebut akan diteruskan sebagai rekomendasi kebijakan kepada anggota dewan, sehingga perlu disusun secara matang untuk mewakili kepentingan masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA: BSKDN Kemendagri gandeng Koso Nippon laksanakan program pemeriksaan di daerah

Salah satu program prioritas pemerintah adalah pembangunan lingkungan hidup, ketahanan bencana dan perubahan iklim.

Program ini konon sudah lama meresahkan BSKDN. Noudy mengatakan, pihaknya telah melakukan serangkaian kajian terhadap program prioritas nasional tersebut.

“Kami (BSKDN Kementerian Dalam Negeri, Red) berkomitmen untuk berupaya mensukseskan Program Prioritas Nasional melalui rekomendasi yang tepat dan lebih baik,” tambahnya.

Dalam konteks ini, Noudy juga mengimbau jajarannya untuk terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak agar semakin terbuka peluang terciptanya inovasi-inovasi yang mendukung program nasional.

“Salah satunya (upaya menghasilkan rekomendasi kebijakan yang berkualitas) adalah penguatan kapasitas analitis dan penelitian yang bekerjasama dengan berbagai lembaga penelitian, termasuk perguruan tinggi,” tegasnya.

Guna mencapai prioritas program nasional, BSKDN juga berkomitmen untuk lebih mendorong berbagai inisiatif dan program kerja berkelanjutan.

Hal ini diharapkan dapat mengoptimalkan program nasional agar berjalan lebih efisien dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

“Kedepannya kami akan memperluas kerjasama dengan berbagai universitas dalam dan luar negeri agar tetap termotivasi untuk menghasilkan rekomendasi yang relevan, efektif dan efisien,” tutupnya. (Sabtu/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *