Pilpres AS 2024: Joe Biden Mundur, Kamala Harris Maju

saranginews.com – JAKARTA – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, pada Minggu mengumumkan akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Demokrat pada pemilihan presiden 2024.

“Saya memutuskan untuk tidak menerima pencalonan tersebut dan memfokuskan seluruh energi saya pada tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya,” kata Biden melalui saluran sosial resmi X miliknya @JoeBiden yang ditonton dari Jakarta, Senin pagi.

BACA JUGA: Rumor Pilpres AS: Biden Akan Segera Mundur, Tapi Tak Mau Dukung Kamala Harris

Biden mengumumkan dukungannya terhadap Kamala Harris yang akan menggantikannya sebagai pemimpin Aliansi Demokrat.

“Hari ini saya ingin memberikan dukungan dan dukungan saya kepada Kamala untuk menjadi wakil partai kita tahun ini,” kata Biden dalam pidatonya di X.

BACA LEBIH BANYAK: Presiden AS Joe Biden positif mengidap Covid-19

Menurut Biden, mendukung Harris (59), yang merupakan wakil presiden Amerika Serikat, merupakan keputusan terbaik yang pernah diambilnya.

Pengumuman ini menjadi momen yang menutup serangkaian permasalahan sejak perdebatan antara Biden dan lawannya, Tuan Donald Trump, di Partai Republik.

BACA LEBIH LANJUT: Biden menilai Donald Trump tidak pantas disebut sebagai percobaan pembunuhan

Pada tanggal 27 Juni, Biden yang berusia 81 tahun tampak bingung dan tidak terorganisir selama debat pertamanya dengan Donald Trump yang berusia 78 tahun.

Penyakit ini menyoroti kekhawatiran tentang kapasitas mentalnya.

Kinerja buruknya membuat beberapa politisi dan pendukung Partai Demokrat menyerukan agar dia dicopot dari daftar wakil AS.

Konvensi Nasional Partai Demokrat dijadwalkan berlangsung di Chicago pada 19 hingga 22 Agustus 2024. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *