Pemkab Purwakarta Perluas Kesempatan Untuk Bekerja ke Luar Negeri

saranginews.com, PURWAKARA – Pemerintah Kabupaten Purwakta memperluas kesempatan kerja dengan membuka ketersediaan tempat bagi tenaga kerja asing sebagai pekerja migran.

Kepala Dinas Migrasi dan Purvakta (DISNACTRANS) Didi Garnadi di Purvakara, Kamis, mengatakan ribuan pekerja migran asal Purvakara telah berhasil dikirim bekerja ke luar negeri dalam tiga tahun terakhir.

Baca Juga: Caketum PB PMII Hasnu Ibrahim menolak calon pimpinan BPK RI dari unsur politisi

Pelayanan pemberangkatan pekerja migran dilakukan melalui satu layanan terpadu Dinas Tenaga Kerja dan Migrasi Purwakar yang bekerja sama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Migrasi Purwakta, sebanyak 1.026 pekerja melakukan perjalanan ke luar negeri melalui Dinas Tenaga Kerja dan Migrasi dalam tiga tahun terakhir, atau 2022-2024.

Baca Juga: Caketum PB Dengarkan Keluh kesah Mahasiswa PMII: Institusi Tak Tumbuh Seiring Tumbuhnya UKT

Rinciannya, pada 2022 sebanyak 274 orang, pada 2023 sebanyak 520 orang, dan pada Januari-Juni 2024 sebanyak 232 orang.

“Melihat data semester ini, diperkirakan jumlah calon pekerja di luar negeri pada tahun 2024 akan meningkat dan mungkin melebihi jumlah tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Baca Juga: Tampil di Indonesia Festival 2024 di Korea Selatan, BRI berikan layanan keuangan kepada diaspora dan PMI

Negara-negara yang mempunyai pekerja migran terutama adalah Arab Saudi, Taiwan, Hong Kong, Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia.

Menurutnya, membuka lapangan kerja di luar negeri merupakan salah satu langkah untuk mengurangi pengangguran

Berdasarkan catatan Dinas Tenaga Kerja dan Migrasi Purwakara, angka pengangguran di Purwakara mengalami penurunan pada tahun 2020 hingga 2023.

Pada tahun 2020, tingkat pengangguran terbuka mencapai 47.885 orang atau 11,07 persen dari total angkatan kerja yang mencapai 432.428 orang.

Kemudian pada tahun 2023 angka pengangguran turun sebanyak 40.099 orang atau 7,72 persen dari total angkatan kerja menjadi 519.389 orang. (antara/jpnn)

Baca artikel lainnya… Polisi menggerebek shelter PMI ilegal HB di Nongsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *