Dorong UMKM Naik Kelas, Bea Cukai Beri Asistensi Lewat Coaching Clinic

saranginews.com, JEMBER – Bea Cukai dan pajak sangat fokus dalam mendukung pemberdayaan usaha kecil dan menengah (PMME).

Melalui unit vertikal yakni Kantor Bea Cukai dan Bea Cukai Jawa Timur (Jatim) I (Kanwil) dan Bea Cukai Jember, mereka bekerja sama dengan mitra dan akademisi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM.

Baca Juga: 96 Ton Jagung Tak Layak Dimusnahkan Bea Cukai Tanjung Perak

Pada Kamis (4/7).

Melalui inisiatif ini, Bea dan Cukai memberikan dukungan terhadap ekspor PMME di wilayah Jember, Bondowoso, dan Situbondo.

Baca juga: Bea Cukai dan Kejaksaan menindak minuman beralkohol ilegal, rokok, dan obat-obatan terlarang di Probolinggo

Di Surabaya, Bea Cukai Jatim turut berpartisipasi sebagai narasumber bagi UMKM pada Jumat (12/7) bertajuk ‘BNI Eksportir Forum (BEF)’.

Menghadiri acara yang diselenggarakan oleh PT BNI Indonesia, Bagian Bea Cukai dan Pajak memberikan pemaparan mengenai lingkungan logistik nasional yaitu efisiensi dan simplifikasi pelayanan pemerintah dalam mendukung kegiatan usaha.

Baca juga: 4,3 Ton Pakaian Ilegal Dimusnahkan, Bea Cukai Tanjung Perak menegaskan

Ensep Dudi Ginanjar, Wakil Kepala Bidang Humas dan Promosi Kepabeanan, mengatakan UMKM di kawasan Timur punya peluang besar untuk mengekspor.

Sayangnya, masih banyak pelaku UMKM yang belum mengetahui cara mengekspor dan kualitas produknya masih belum layak untuk diekspor.

“Bea Cukai berupaya meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan ekspor barang dengan beberapa mitra (stakeholder) agar UMKM bisa naik ke puncak,” kata Encep.

UMKM berperan penting dalam meningkatkan perekonomian daerah dan menjamin kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Bea dan Cukai mendukung kegiatan UMKM, khususnya UMKM berorientasi ekspor, dengan berperan sebagai penyedia layanan kepabeanan untuk bantuan industri dan fasilitasi perdagangan.

Kementerian Cukai KBeas meyakini peningkatan ekspor akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Ensep menegaskan, kerja sama antar departemen menjadi kunci dalam upaya mendorong UMKM.

“Melalui inisiatif ini, kami berharap dapat mendorong UMKM untuk naik kelas,” Encep (mrk/jpnn) Tontonan Video Pilihan Editor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *