Bang Saleh Ingatkan Pak Jokowi soal Pengganti Hasyim Asy’ari yang Dipecat

P

Ia meminta Presiden Jokowi segera mengambil keputusan untuk mengganti Komisaris Sentral Partai Komunis Ukraina Hashim Asyari yang dipecat karena melakukan pelanggaran.

Baca Juga: Jokowi memecat Hasim Asar dengan tidak hormat

Ketua KPU Hasim Hasim Asyari dipecat karena melakukan pelanggaran. Foto: Ricardo / JPNN

Saleh mengatakan, penunjukan pengganti Hasim harus segera dilakukan karena pemilihan kepala daerah serentak November nanti harus dipersiapkan dengan matang.

Baca Juga: Karnad, Komnas Sentuh Aktor Intelektual Tangani Kasus Kematian Jurnalis

Oleh karena itu, seluruh aspek kepemimpinan KPU di Pusat harus berfungsi penuh agar kinerja optimal dalam penyelenggaraan pilkada serentak.

“37 provinsi dan 508 kabupaten/kota menyelenggarakan pilkada secara serentak. Tentu diperlukan tenaga dan pemikiran yang besar,” kata Saleh Daule dalam keterangannya di Jakarta, Jumat. 7)

Baca Juga: Pejabat KPK Tertawa Saat Ditanya Kemana Mereka Akan Membawa Nona Diana

Ia mengatakan, pilkada bersifat dinamis dengan berbagai tantangan yang ada dalam pelaksanaannya.

Ribuan orang akan berpartisipasi dalam kompetisi tersebut. Termasuk partisipasi partai politik, organisasi kolektif, unsur dan pendukung berbagai struktur sosial.

Meski lebih kompleks, penyelenggaraan pilkada sekaligus harusnya lebih baik dibandingkan pemilu legislatif dan presiden sebelumnya, kata Ketua DPP PAN itu.

Saleh mengatakan, pergantian Komisioner KPU Pusat tidak akan sulit. Tidak ada lagi rekrutmen dan seleksi. Tinggal membuka dan menyetujui calon komisaris KPU pada nomor urut selanjutnya.

“Kalau berdasarkan urutan, yang paling bawah adalah Virian Aziz. Yang paling bawah adalah Iffa Rosita karena meninggal dunia. Yang itu masih ada. Masih aktif sebagai anggota KPU di Kaltim.”

Namun, mantan Ketua PAP Pemuda Muhammadiyah mengatakan pergantian komisioner KPU harus dilakukan sesuai prosedur hukum.

Penggantian ini harus memenuhi syarat hukum. KHRD memerlukan surat dari presiden sebagai dasar hukum pengangkatan komisaris baru, ujarnya. Video Pilihan Editor:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *