Relawan Pos Gibran Usulkan Implementasi Hilirisasi Digital untuk Prabowo-Gibran

saranginews.com, Jakarta – Dampak disrupsi digital (perubahan besar-besaran) membawa perubahan mendasar di berbagai aspek kehidupan, termasuk konteks negara.

Apalagi pascapandemi Covid-19, peran teknologi semakin mendominasi kehidupan sosial masyarakat, khususnya generasi milenial dan generasi Z.

Baca Juga: Sultan Usulkan Pengangkatan Asta Sita Prabowo-Gibran Sebagai PPHN 2024-2029

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Relawan Gibran Post Benny Hutapia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/7/2024).

Pemberitahuan ini, kata sapaan akrabnya Beni, bertujuan untuk memberikan instruksi kepada Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka terkait pelaksanaan devaluasi digital.

Baca juga: Prabowo Subianto mengusung Iqbal-Dinda untuk maju ke Pilgub NTB 2024

Benny juga meyakini generasi milenial dan generasi Z sudah beradaptasi dengan teknologi dan bisa menunjukkan potensi menjadi pemimpin masa depan.

“Saya yakin di tengah perubahan (disrupsi) yang besar ini, Indonesia mampu menjawab tantangan era transisi secara turun-temurun,” kata Benny.

Baca juga: Irvan Fecho Nilai Pengumuman Prabowo Sebagai Dukungan Terhadap Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan

Generasi baby boomer, milenial, dan Gen Z merupakan kelompok demografis terbesar, menurut Benny. Bukan rahasia lagi: generasi baby boomer seringkali memandang generasi muda sebagai generasi yang kurang berpengalaman.

“Generasi muda seringkali minim pengalaman dan enggan bekerja keras. Apalagi, keadaan ini diperparah dengan budaya Timur yang menekankan ketaatan kepada orang yang lebih tua, sehingga generasi muda terkadang dipandang sebelah mata,” jelas Benny yang merupakan beliau. juga merupakan pengurus Persatuan Petani Sarang Burung Walet (PPSWN) nusantara.

Oleh karena itu, banyak generasi milenial dan Generasi Z yang memilih bermigrasi ke kota, meninggalkan lingkungan yang perlahan berkembang dalam bidang modernisasi dan inovasi.

Situasi ini menghambat kapasitas daerah untuk berkontribusi aktif dalam pembangunan nasional.

Menjawab tantangan tersebut, Benny memperkenalkan program Milenial Stand Up for Nation. Benny memimpin penguatan daya dukung daerah dengan memanfaatkan potensi generasi milenial dan generasi Z melalui modernisasi dan inovasi.

“Program ini bertujuan untuk menciptakan generasi profesional muda yang mampu mendukung hilirisasi program nasional. Integrasi program pembangunan daerah dan nasional untuk menggairahkan perekonomian daerah dan meningkatkan pendapatan daerah,” ujarnya.

Program ini terdiri dari beberapa kegiatan utama:

1. Badan Usaha Milik Milenial (BUMM): Sebagai ruang eksplorasi bisnis bagi generasi Milenial dan Gen Z, BUMM menyediakan sarana untuk memaksimalkan potensi daerah melalui modernisasi dan inovasi bisnis yang selaras dengan RPJMN dan RPJMD.

2. Pakar Milenial: Pemprov akan membentuk inkubator dan akselerator untuk mengembangkan bakat dan potensi minat generasi milenial dan Generasi Z.

Selain itu, terdapat program magang dan pendistribusian tenaga ahli ke perusahaan-perusahaan di wilayah tersebut.

3. Millennial Media: Pengembangan media untuk meningkatkan visibilitas dan menciptakan regional branding bagi BUMM dan profesional Millenial.

4. Pengabdian Masyarakat: Sebuah program yang bertujuan untuk menghubungkan generasi Millenial dan Generasi Z dengan generasi Baby Boomer, menjembatani kesenjangan kepentingan generasi dan bersama-sama mengembangkan kawasan.

Menurut Benny, ke depan program ini dapat melahirkan tenaga profesional milenial yang mampu membangun daerah sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Setiap tahun daerah dapat melahirkan generasi muda yang siap mengelola pembangunan daerah secara modern dan inovatif,” tutupnya.

Perlu diketahui, usulan program Milenial Stand Up for Nation merupakan langkah strategis untuk memastikan generasi Milenial dan Generasi Z berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Secara khusus, hal ini akan menjadikan daerah semakin modern, inovatif, dan berdaya saing serta berkontribusi terhadap peningkatan PAD dan pembangunan nasional (Jumat/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *