Jembatan Ogan 1 Kertapati Direnovasi, KAI Divre III Imbau Penumpang Datang Lebih Awal

saranginews.com – PALEMBANG – Balai Besar Operasional Jalan Nasional Sumatera Selatan akan memperbaiki Jembatan Ogan 1 Kertapati di Palembang mulai 18 Juli hingga 6 Agustus 2024.

Manajer Humas PT Kereta Api Divisi Regional III Indonesia Palembang Aida Suryanti menjelaskan, pengalihan lalu lintas akan dilakukan selama rekonstruksi Jembatan Ogan 1 Kertapati.

BACA JUGA: Idul Adha 2024, Keterisian Penumpang KAI Divre III Palembang Capai 107 Persen

“Bagi masyarakat yang menuju Kertapati dari jalan layang Ampera atau Jakabaring untuk sementara tidak bisa melalui Jembatan Kertapati Ogan 1. Namun akan dialihkan melalui Jembatan Ogan 2 (jembatan rangka) sehingga akan ada dua arus lalu lintas dari dan ke Kertapati lewat Jembatan Ogan 2 Kertapati sehingga memperlambat arus lalu lintas,” kata Aida dalam siaran pers yang diperoleh saranginews.com, Kamis (18/7).

PT KAI Divre III Palembang juga mengimbau calon penumpang untuk menjadwalkan waktu keberangkatan ke stasiun lebih awal agar tidak ketinggalan kereta akibat terlambat tiba di Stasiun Kertapati.

BACA JUGA: KAI Divre III Palembang bagikan 23 hewan kurban di wilayah operasi

Calon penumpang dapat mengantisipasi penyimpangan arus lalu lintas ini dengan memperkirakan waktu keberangkatan di stasiun, minimal satu jam sebelum keberangkatan, kereta sudah berada di stasiun untuk mengimbanginya, kata Aida.

Selain itu, calon penumpang yang telah membeli tiket keberangkatan tanggal 18 Juli hingga 6 Agustus 2024 juga telah diberitahu melalui WA/SMS untuk mengantisipasi keberangkatan pulang di Kertapati agar tidak ketinggalan kereta.

BACA JUGA: Ridership KAI Palembang Divisi III naik 11,2 persen pada semester I 2024

Berikut KA yang saat ini beroperasi di Palembang Seksi III: – KA Bukit Serelo Kertapati-Lubuklinggau (PP), berangkat dari Kertapati pukul 09.00 dan dari Lubuk Linggau pukul 10.15.

– Kereta Ekspres (PP) Rajabasa Kertapati-Tanjung Karang, berangkat dari Kertapati pukul 08.30 dan dari Tanjung Karang pukul 08.30.

– Kereta Api Niaga Sindang Marga Kertapati-Lubuklinggau (PP), berangkat dari Kertapati pukul 20.15 dan dari Lubuk Linggau pukul 19.45.

Selain itu, Aida menjelaskan terdapat dampak positif dari peningkatan jumlah nasabah pada semester I 2024 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Antara 1 Januari hingga 30 Juni 2024, tercatat 505.634 penumpang menjadi pelanggan KAI Divre III, yang merupakan total pengoperasian Kereta Ekonomi Bukit Serelo penghubung Kertapati – Lubuk Linggau (PP), Kereta Ekonomi Kecepatan Tinggi Rajabasa yang menghubungkan layanan niaga Kertapati – Tanjung Karang dan KA Sindang Marga Kertapati – Lubuklinggau (PP) dengan rata-rata jumlah kursi setiap harinya 2.374.

Sedangkan pada periode yang sama tahun lalu, 1 Januari hingga 30 Juni 2023, jumlah penumpang KAI Divre III sebanyak 437.635 orang. Dengan demikian, terjadi peningkatan trafik penumpang di KAI Divre III sebesar 67.999 atau 11,2 persen pada Semester 1-2024 dibandingkan Semester 1 tahun sebelumnya.

“KAI Divre III Palembang bertujuan untuk terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan dengan harapan semakin meningkat minat masyarakat dalam menggunakan angkutan kereta api massal yang aman, nyaman, terjamin dan tepat waktu,” kata Aida. (mcr35/jpnn) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *