Bea Cukai Tingkatkan Sinergi Pengawasan di Perairan Kepri & Sekitarnya Lewat Operasi Trident

saranginews.com, JAKARTA – Bea dan Cukai bekerja sama dengan Direktorat Perhubungan Laut (DJPL) dan Kejaksaan Agung melakukan pengawasan wilayah laut Kepulauan Riau dan sekitarnya melalui Operasi Trident.

Operasi Trident merupakan lanjutan dari Operasi Pandawa pada tahun 2022.

BACA JUGA: NPPBKC Bea Cukai Purwokerto di 3 Pabrik Tembakau di Banyumas

Subditjen Humas dan Perpajakan Encep Dudi Ginanjar mengatakan, Operasi Trident terutama difokuskan di wilayah rawan penyelundupan, seperti Selat Malaka dan pesisir timur Sumatera.

Menurut dia, pola penyelundupan dengan menggunakan high-speed craft (HSC), salah satu metode transportasi laut di laut lepas, tersebar luas dan kondisi geografis menjadi kendala terbesarnya.

BACA JUGA: Bea Cukai Izinkan Ekspor Tembakau Yogyakarta Akses ke Pasar Thailand dan Jepang

Selain itu, banyaknya pelabuhan tikus di kawasan tersebut juga meningkatkan risiko penyelundupan dan pelanggaran lainnya, kata Encep dalam keterangan resmi, Selasa (16/7).

Ia melanjutkan, misi tersebut bertujuan untuk memperkuat pemantauan dan pengendalian penggunaan Automatic Identification System (AIS) oleh kapal-kapal yang beroperasi di perairan Indonesia.

Baca juga: Masalah Bea Cukai dan Pajak di Wilayah Izin Perusahaan Madiun

Pengendalian penggunaan AIS diharapkan dapat mengurangi risiko penyelundupan yang mengurangi pendapatan negara dan mengganggu keamanan dan ketertiban nasional.

Operasi Trident dilanjutkan pada 14 Juli dengan patroli di Kepulauan Riau dan perairan sekitarnya.

Operasi ini mencakup dua pesawat utama dan beberapa dukungan tambahan lokal, dengan fokus pada analisis bersama kepatuhan AIS dan pemantauan pelanggaran yang terdeteksi.

Ia menegaskan, “Kami berharap dengan dilaksanakannya Operasi Trident ini dapat meningkatkan implementasi peraturan perundang-undangan terkait Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 tentang AIS.”

Encep menambahkan, pekerjaan ini merupakan pilot project nasional untuk memantau kepatuhan terhadap ketentuan AIS di seluruh perairan Indonesia. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *