Pemilih Disabilitas Wajib Diberi Tempat Dekat Kotak Suara

saranginews.com – BATAM – Pemilih penyandang disabilitas pada pemilihan provinsi (Pilkada) 2024 butuh dukungan. Termasuk menyediakan tempat duduk khusus di dekat kotak suara.

KPU Kepulauan Riau (Kepri) berjanji akan memberikan lebih banyak kesempatan bagi pemilih penyandang disabilitas di masa depan.

BACA LEBIH BANYAK: Kementerian Dalam Negeri mendesak pemerintah untuk mempercepat alokasi anggaran pemilu 2024

Menurut Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kepri, Muhammad Sjahri Papene, pihaknya berupaya memberikan bimbingan teknis kepada KPPS agar pemilih penyandang disabilitas diberikan kursi dan perlengkapan khusus.

Berdasarkan catatan dan analisis Pemilu 2024, KPU menemukan ada beberapa TPS yang tidak memiliki peralatan khusus bagi penyandang disabilitas, khususnya tunarungu.

BACA JUGA: KPU Petakan TPS Khusus Penyintas Gempa dan Likuifaksi

“Jadi mungkin nanti kita akan rapat internal untuk memberikan arahan teknis kepada KPPS agar penyandang tunarungu bisa diberikan tempat duduk di dekat kotak suara sehingga ketika dipanggil bisa dengan mudah menemukannya dan pergi memilih. kata Sjahri di Batam, Kepulauan Riau, Senin (15/7).

Ia mengatakan permasalahan yang dihadapi KPU adalah adanya dua jenis komunikasi bagi penyandang tunarungu.

BACA JUGA: Mantan Ketua PCNU Majalengka: Saatnya Eman Suherman Jadi Bupati

“Ini juga bisa menjadi pesan bagi kita agar penyandang disabilitas di TPS tidak terhambat dalam menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Sjahri kemudian meminta seluruh masyarakat Kepri memberikan informasi yang akurat kepada Panwaslu saat melakukan koordinasi dan analisis data pemilih agar penyiapan TPS sesuai dengan kebutuhan pemilih.

Oleh karena itu, di Coklit pun penting bagi masyarakat untuk memberikan informasi yang akurat kepada KPU, sehingga ketika kita mendirikan TPS sesuai dengan kondisi pemilih, kita akan memperbaiki peralatan yang dimiliki masyarakat. penyandang disabilitas sangat membutuhkannya,” kata Sjahri. (Antara/jpnn) Simak! Video Pilihan Editor:

BACA JUGA… Beredar Foto Irjen Ahmad Luthfi yang diduga kuat kemungkinan pelanggaran hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *