Lamine Yamal Pemain Muda Terbaik EURO 2024

saranginews.com – JAKARTA – Rekor tersebut tak hanya diraih oleh keberhasilan timnas Spanyol yang menjuarai EURO 2024, tetapi juga oleh pemain barunya Lamine Jamal.

Lamine Jamal membuat sejarah dengan meraih penghargaan pemain muda terbaik di EURO 2024 setelah tampil impresif di turnamen tersebut, termasuk di final melawan Inggris, yang membuat Spanyol menjuarai Piala Eropa untuk keempat kalinya.

BACA: Semifinal EURO 2024 Spanyol v Prancis: Rekor Gila Lamine Yamal

Jamal, yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-17 sehari sebelum final, menjadi pemain termuda yang tampil di final EURO atau Kejuaraan Eropa UEFA, memecahkan rekor yang dipegang legenda Brasil Pele sejak 1958.

Pemain muda Barcelona itu berperan penting dalam kemenangan timnya, memberikan assist untuk gol pertama Spanyol. Pada laga ini, Spanyol menang 2-1 melawan Inggris.

BACA JUGA: Lamine Jamala, pemegang rekor berusia 16 tahun

“Saya sangat senang dan tidak sabar untuk kembali ke Spanyol untuk merayakannya,” kata Jamal, menurut ESPN. “Ini adalah hadiah ulang tahun terbaik yang pernah saya terima. Sekarang saya ingin merayakannya bersama keluarga saya.”

Penampilan Jamal sepanjang pertandingan sungguh impresif. Dia mencatatkan satu gol dan empat assist, assist terbanyak dalam satu turnamen EURO sejak pencatatan dimulai pada tahun 1980.

BACA JUGA: Final EURO 2024 Spanyol vs Inggris: Matadors raih mahkota ke-4

Jamal juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol atau assist di babak perempat final, semi final, dan final di EURO lainnya.

Pele meninggal pada tahun 2022 dalam usia 17 tahun 249 hari saat bermain di final Piala Dunia 1958 di Brasil, di mana ia mencetak dua gol dalam kemenangan 5-2 atas Swedia.

Ini kali kedua dalam sepekan Jamal memecahkan rekor Pele.

Pertengahan pekan lalu, Jamala menjadi pemain termuda yang tampil di semifinal kompetisi besar internasional saat Spanyol mengalahkan Prancis. Jamala diberi ucapan selamat oleh Pelé Foundation atas pencapaian ini. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *