Begini Pesan Kepala BPIP Saat Membuka Pemusatan Diklat Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024

saranginews.com, JAKARTA – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Dijelaskan oleh Dr. Kh.H Yudian Wahyudi, MA, Ph.D membuka Pusat Diklat Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2024 di Cibubur, Depok, Jawa Barat, Sabtu (13/7).

Beragam pesan yang disampaikannya kepada 76 Calon Paskibraka tingkat pusat pada tahun 2024.

BACA JUGA: Program Pancasila Saka Adisiswa, BPIP Salut Banyak Sekolah Saat MPLS

Salah satunya meminta anggota Paskibraka berpartisipasi penuh dalam proses pendidikan dan pelatihan.

Oleh karena itu, pendidikan dan pelatihan merupakan tahapan penting yang harus dilalui untuk menjadi seorang Paskibraka.

BACA JUGA: BPIP: Kurikulum Merdeka dan BTU Pancasila untuk membangun generasi penerus bangsa yang berkarakter

“Siswa yang mengikuti Pusdiklat Paskibraka Tingkat Pusat mewakili daerah asal siswanya, dari seluruh tanah air,” ujarnya.

Ia berharap proses pelatihan ini bermanfaat, karena banyak ilmu pengetahuan tentang bagaimana hidup bermasyarakat, bernegara, dan bernegara dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Para pelajar muda belajar bersosialisasi, bekerja sama dan bekerja sama dengan semua teman-temannya di sini. Kalian semua pelajar belajar secara nyata tentang keberagaman Indonesia dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika, belajar mempersiapkan diri menunaikan tugas kepedulian dan menjaga kelestarian lingkungan hidup. Konsensus Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Perlindungan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Perlindungan Negara Kesatuan Republik Indonesia – Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.

Sebab menurutnya, Paskibraka yang dipilih oleh perwakilan 38 provinsi merupakan calon pemimpin negara yang berwatak Pancasila dan juga merupakan pewaris perjuangan para pemimpin saat ini dan para founding fathers negara untuk berkreasi. Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Pada saat yang sama, Wakil Kepala BPIP Dr. Rima Agristina, S.H., S.E., M.M menyampaikan, tujuan dari program Paskibraka tidak lain adalah pengarusutamaan Pancasila bagi anak-anak terbaik negeri, pemantapan jiwa kepemimpinan, keterampilan dan kedisiplinan untuk menunjang nilai-nilai kebangsaan dan kasih sayang Ibu. menanamkan serta menumbuhkembangkan semangat dan nasionalisme calon pemimpin masa depan negara yang bercirikan Pancasila.

Rima juga menegaskan, Paskibraka tingkat pusat pada tahun 2024 pasti mendapat tugas pengibaran Bendera Merah Putih IKN dalam rangka HUT RI ke-79.

“Iya, kemarin kami melakukan survei lapangan dan perumahan terhadap adik-adiknya dan semuanya sudah siap,” kata Rima.

Calon Paskibraka tingkat pusat 2024 akan mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan pada 12 Juli hingga 10 Agustus di Taman Rekreasi Cibubur Wiladatika, Depok, Jawa Barat, selanjutnya menuju IKN.

Materi yang akan diberikan pada saat konsentrasi pendidikan dan pelatihan yaitu Metode Pembelajaran terdiri dari pembelajaran aktif, pelatihan dan pelatihan.

Pada kesempatan ini turut hadir Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BPIP (jum/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *