PT KA Properti Manajemen & BSSN Jalin MoU Pemanfaatan Sertifikat Elektronik & Sistem Elektronik

saranginews.com, Jakarta – PT KA Properti Properti (KAI Properti) Kamis (4/7).

MoU tersebut dihadiri oleh Jonathan Gerhard Tarigan, Kepala Pusat Sertifikasi Elektronik BSSN dan jajarannya, Riki Jayaprawira Suwarna, Direktur Keuangan KAI Properti, serta para kepala departemen dan karyawan perusahaan.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan, KALOG Express Kini Beroperasi Setiap Hari

Kolaborasi ini merupakan langkah strategis dalam program transformasi digital yang dicanangkan departemen Teknologi Informasi (TI) KAI Properties untuk memaksimalkan efisiensi proses administrasi dan operasional dalam pengelolaan dokumen.

Pemanfaatan sertifikat elektronik, termasuk tanda tangan elektronik dan identitas sah, sebagai alat untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan transaksi dokumen elektronik sejalan dengan komitmen perusahaan untuk beroperasi lebih efisien dan andal.

Baca juga: SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade dengan Hasil Menjanjikan

“Penggunaan sertifikat elektronik mencakup tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum di lingkungan KAI Properti. Sertifikat menjamin dokumen yang ditandatangani secara elektronik adalah sah dan aman, memberikan perlindungan tambahan terhadap potensi pemalsuan dan akses tidak sah,” jelas Jonathan.

Penyediaan infrastruktur teknologi informasi: KAI Properti dan BSSN akan bersama-sama menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung penggunaan sertifikat elektronik.

Baca juga: Penumpang Kereta Api Ringan Jabodebek Meningkat Signifikan pada Semester 1 2024

Ini termasuk pembelian perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan.

Penerbitan Sertifikat Elektronik: BSSN akan bertanggung jawab untuk menerbitkan sertifikat elektronik kepada KAI Properti untuk memastikan bahwa setiap sertifikat memenuhi standar keamanan yang ketat.

Meningkatkan kemampuan SDM: KAI Properti dan BSSN akan mengadakan pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam memanfaatkan teknologi dan memastikan seluruh karyawan dapat menggunakan sistem secara efektif.

Penggunaan sertifikat elektronik dan sistem elektronik juga merupakan bagian dari inisiatif “paperless” yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi kertas dan mendukung upaya keberlanjutan perusahaan. Langkah ini tidak hanya menyederhanakan dan mempercepat proses pengelolaan, namun juga mendukung upaya perusahaan dalam menjaga lingkungan.

Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan dokumen operasional dan memberikan efek positif jangka panjang, yaitu menciptakan sistem digital yang lebih efisien, aman, dan andal.

Dengan sistem yang terintegrasi ini, KAI Properti akan mampu meningkatkan produktivitas dan kecepatan berbagai proses bisnis yang dimiliki perseroan, termasuk bidang usaha seperti pengelolaan properti, konstruksi, perdagangan dan pemeliharaan jalur kereta api dan jembatan, yang pada akhirnya akan memperkuat perusahaan dalam hal status pasar komersial dan meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan.

Transformasi digital yang dilakukan KAI Property diluncurkan oleh jajaran direksi perseroan dalam rapat kerja bertajuk “Menjadi Lebih Kuat Melalui Integritas, Kualitas, dan Keandalan” (Raker) yang diselenggarakan pada 14 Maret 2023 di Aston Puncak, Bogor.

Acara ini menandakan komitmen KAI Properties untuk mendukung bisnis perusahaan secara digital dan memastikan setiap proses dan sistem yang diterapkan mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan.

Riki mengatakan: “Kemitraan dengan BSSN merupakan tonggak penting dalam perjalanan digitalisasi KAI Property. Kami berharap langkah ini dapat berkontribusi dalam mewujudkan visi perusahaan untuk menjadi perusahaan kredibel yang bergerak di bidang real estate dan jasa konstruksi pada umumnya serta infrastruktur perkeretaapian di Indonesia. khususnya, memberikan kontribusi yang signifikan.”

KAI Properti akan terus berupaya melakukan inovasi dan peningkatan kualitas layanan untuk memenuhi kebutuhan seluruh pemangku kepentingan (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *