One Map Policy Summit 2024 Akselerasi Pemanfaatan Kebijakan Satu Peta

saranginews.com, JAKARTA – ONE Map Policy Summit (OMP) 2024 menjadi forum antar pemangku kepentingan untuk membahas keberlanjutan penerapan Kebijakan Satu Peta.

KTT Kebijakan Satu Peta (OMP) 2024 juga mendorong solusi terhadap tantangan pemanfaatan data spasial untuk mendorong pembangunan Indonesia.

BACA JUGA: Prihatin Talasemia, Kementerian Perekonomian Gelar Donor Darah

Kebijakan Satu Peta mencakup 4 tahapan kegiatan utama, yaitu kegiatan kompilasi dan integrasi yang dikoordinasikan oleh Badan Informasi Geospasial, kegiatan sinkronisasi yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian dan kegiatan pertukaran data dan informasi geospasial juga dikoordinasikan oleh Badan Informasi Geospasial.

Kepala Badan Informasi Geospasial Muh Aris Marfai yang hadir pada KTT OMP 2024 selaku Ketua Tim Pelaksana Kebijakan Satu Peta mengatakan, 14 kementerian/lembaga telah memenuhi target Rencana Aksi Kebijakan Satu Peta.

BACA JUGA: Pesan Moeldoko untuk mempercepat kebijakan kartu tunggal

Hal ini membuat pihaknya optimistis seluruh agenda politik kartu tunggal akan terus dilaksanakan.

Pada hari kedua, Jumat (07/12), OMP Summit 2024 fokus pada kegiatan interaktif antara lain One Map Talk Show, One Map Inspiring Stage, dan One Map Competition. Kegiatan One Map Talkshow dan One Map Inspiring Stage juga menghadirkan pembicara inspiratif dari beragam profesi dan latar belakang.

BACA JUGA: Raih WTP 15 kali berturut-turut, Kemenko Perekonomian konsisten terapkan tata kelola yang baik

Tujuan dari Talk Show Satu Peta ini adalah untuk mengajak masyarakat memperkuat pemahaman dan pemahaman mendalam mengenai peran dan manfaat data dan informasi spasial dalam berbagai sektor pembangunan.

Beberapa bidang yang menjadi fokus adalah sektor kebencanaan, sektor maritim, sektor transformasi teknologi, dan sektor antikorupsi.

Lebih lanjut, acara Panggung Inspiring Satu Peta dirancang untuk menghadirkan dan menginspirasi berbagai ide inovatif, pengalaman dan gagasan masa depan terkait implementasi kebijakan berbasis data dan kebijakan Satu Peta di Indonesia.

Konsep acara memberikan kesempatan kepada pembicara untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam format presentasi singkat yang menarik dan komprehensif.

Selanjutnya, Tahap Inspirasi Satu Peta bertujuan untuk mendorong ruang inovasi dan menyampaikan gagasan tentang pentingnya keberlanjutan OMP dalam mengelola berbagai sektor pembangunan di Indonesia.

Panggung Inspirasi Satu Peta juga menginspirasi peserta untuk mengembangkan solusi kreatif guna mengatasi tantangan masa depan, termasuk krisis iklim, degradasi dan pembangunan lingkungan, serta kesenjangan ekonomi.

Rangkaian acara OMP Summit 2024 juga diisi dengan Kompetisi Satu Peta yang mencakup Tantangan Geospasial dan One Map Thinker untuk mengatasi permasalahan di bidang geospasial.

“KTT Kebijakan Kartu Tunggal Tahun 2024 diharapkan mampu melahirkan gagasan, pemikiran dan terobosan untuk menjawab tantangan dan keberlanjutan Kebijakan Kartu Tunggal serta menyelesaikan perbedaan,” ujar Plt. Wakil Koordinator Pembangunan Daerah dan Tata Ruang, Susiwijono Moegiarso, selaku Sekretaris Tim Percepatan Kebijakan Satu Peta.

Dalam kesempatan tersebut, Pahala Nainggolan, Deputi Komisi Pencegahan dan Pengawasan Pemberantasan Korupsi, Pendiri Nalar Institute / Ketua Kelompok Ahli Sekretariat SDG Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / BAPPENAS Yanuar Nugroho, Wakil Gubernur Jawa Timur juga hadir. Periode 2019-2024 / President EAROPH Emil Elestianto Dardak, MPP – Founder dan CEO Think Policy Andhyta F. Utami, CFA – Senior Vice President Business Development PT. Pertamina Wisnu M. Santoso, Profesor Manajemen Sumber Daya Perikanan IPB Luky Adrianto, Dekan Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada Danang Sri Hadmoko, Kepala Daerah dan Perwakilannya, Perwakilan K/L dan Ketua Asosiasi (fny/adv)

BACA ARTIKEL LAINNYA… INDEF: Kebijakan kartu tunggal dorong pemulihan ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *