Menko Airlangga Dorong Koperasi Libatkan Anak Muda dan Terapkan Digitalisasi

saranginews.com, Batam – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan pentingnya koperasi sebagai tulang punggung perekonomian nasional di tengah tantangan era digital saat ini.

Koperasi mempunyai sejarah panjang dan memegang peranan penting.

Baca juga: Kasus Pembunuhan Pekerja Koperasi Palembang Direkonstruksi, 45 Adegan Diputar Ulang

Hal itu disampaikan Menko Airlangga pada Jumat (7 Desember) saat menghadiri peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 di Batam, Kepulauan Riau.

Menko Airlangga menegaskan koperasi harus beradaptasi dengan digitalisasi guna mempertahankan posisinya sebagai tulang punggung perekonomian.

Baca juga: Guna Awasi RUU Kerja Sama, Forkopi Gandeng Pegiat Kerjasama

Tantangan yang dihadapi saat ini adalah disrupsi digital. Padahal digitalisasi adalah prinsip koperasi digital. 13/7), Menteri Koordinator Airlangga memberikan keterangan resmi.

Saat ini koperasi di Indonesia mempunyai total 24,44 juta anggota dan volume usaha lebih dari 285 triliun rupiah yang mencakup berbagai sektor seperti produksi, pemasaran, konsumsi, jasa, simpan pinjam.

Baca juga: Bank DKI Gandeng Koperasi Konsumen Pegawai Transjakarta, Tersedia KPR

Menko Airlangga juga menyampaikan, koperasi mempunyai tantangan seperti daya saing koperasi dan sumber daya manusianya.

Untuk itu, Menko Airlangga mendorong Dewan Koperasi Indonesia (Dekopindo) memperkuat gerakan koperasi, khususnya bagi generasi muda.

“Kami berharap gerakan koperasi Dekopindo tidak melupakan generasi muda. Generasi muda masa kini, generasi milenial, selain juga sangat melek digitalisasi,” tegas Menko Airlanga.

Pada acara yang mengusung tema “Koperasi Mitra Pemerintah Guna Membangun Perekonomian Nasional yang Mandiri dan Mandiri Menuju Indonesia Emas”, Menko Airlanga juga berkesempatan menyerahkan Penghargaan Karakter Koperasi Indonesia dalam empat kategori.

Keempat kategori tersebut adalah Bintang Abhinaya Jagadhita, Penggerak Koperasi Primer, Penggerak Koperasi Madya, dan Penggerak Koperasi Junior.

Penghargaan Bintang Abhinaya Jagadhita diserahkan kepada Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, Gubernur Provinsi Jambil Alharis, dan Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa periode 2019-2024.

Ekonom kebanggaan kita Airlanga Hatato, Menteri Koordinator Perekonomian, juga hadir Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan: “Kalau kita berada di Riau, saya rasa tidak berlebihan jika menobatkan Airlanga Hatato sebagai guru ekonomi Indonesia saat ini. diantara semua gerakan koperasi dalam nusantara yang ingin meraih kedaulatan. “.

Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 2.300 peserta luring dan 25.000 peserta daring dari berbagai sektor pergerakan koperasi Indonesia antara lain Dekopin Pusat, Dekopinwil, Koperasi Orang Tua, Koperasi Provinsi Kepri serta perwakilan koperasi seluruh Indonesia, termasuk Nota Kesepahaman Dekop dengan Telkomsel .

Selain itu, juga diluncurkan ekosistem Koperasi Unit Desa (KUD) yang beroperasi dalam rantai pasok terintegrasi.

“Kita juga harus melihat beberapa koperasi yang sudah maju di negara lain, patut dijadikan contoh, tapi yang terpenting koperasi tersebut menguasai pangsa pasar. Jadi jangan lupakan daya saing,” kata Menko. Airlanga.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPR Singgih Januratmoko, Wakil Direktur Koordinasi Pengembangan Usaha, Riset dan Inovasi Kementerian Koordinator Perekonomian BUMN dan Pj Gubernur Provinsi Sumatera Selatan. Gubernur Elen Setiadi.

Turut hadir Juru Bicara Kementerian Koordinator Perekonomian Haryo Limanseto, Ketua ASEAN Cooperation Organization (ACO) Datuk Seri Dr. Hj Abdul Fattah, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Ketua Dekopin Nurdin Halid serta pejabat administrasi Dekopin pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. (tandai/JPY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *