Hingga Juli 2024, PTPN IV Regional I Realisasikan 744,93 Ha Lahan Peremajaan Sawit Rakyat

saranginews.com, MEDAN – Direktur Regional PTPN IV Regional I Medan Ahmad Gusmar Harahap mengatakan hingga Juli 2024, sudah terealisasi lahan untuk peremajaan kelapa sawit kecil seluas 744,93 hektare.

Hal itu disampaikan Gusmar dalam rangkaian rapat kerja Dewan Pengurus Daerah dengan Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV Irwan Wargan-angin pada Jumat (12/7) di Kantor PTPN IV Regional I Medan.

BACA JUGA: Perkuat Produksi CPO untuk Dukung Ketahanan Pangan dan Energi, PTPN IV Regional III Sosialisasikan E-Tekpol

Target yang diberlakukan pada Wilayah I seluas + 500 Ha untuk lahan Peremajaan Sawit Rakyat telah terlampaui selama periode Juli 2024 seluas 744,93 Ha.

Menurut Gusmar, hal ini merupakan bukti adanya sinergi dan kerjasama internal antara PTPN IV Kantor Pusat Jakarta dan Regional I Medan, serta sinergi dan kerjasama eksternal antara PTPN IV dengan pemangku kepentingan yang ada khususnya dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis/Sosialisasi Kerjasama PSR Kemitraan. Pola antara PTPN IV dengan PIR Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (ASPEKPIR Indonesia) dilaksanakan pada (20/6) di Le Polonia Hotel & Convention Medan.

BACA JUGA: Hasil Inovasi Digital IP PLN, REOC Perhatian Perusahaan Thailand

Gusmar melaporkan, total realisasi Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat yang diterima Rekomtek dari Ditjen Perkebunan dan pencairan dananya adalah 744,93 Ha dengan rincian + 496,68 Ha lahan garapan masing-masing untuk empat koperasi yaitu Koperasi Konsumen KUD Aek Raso , Koperasi Produsen Meranti Sawit Makmur, Koperasi Produsen Ika Sapatani, Koperasi Produsen Nahoda Agro Mandiri.

Sedangkan yang sudah terealisasi penanamannya masing-masing + 248,35 hektar untuk GAPOKTAN Aek Raso Maju Bersama, Poktan Pasir Tuntung Jaya dan Koperasi Produsen Pisau Agro Mandiri.

BACA JUGA: Kurangi Perumahan, BTN Rangkul Pengembang Muda

“Direncanakan pada bulan November 2024 sudah selesai penanaman pada seluruh Lembaga Perkebunan Rekomtek seluas 744,93 Ha,” kata Gusmar.

Christian Orchard Angin-Angin selaku Kepala Sekretariat dan Bagian Hukum PTPN IV Regional I menambahkan, keberhasilan peningkatan perekonomian masyarakat Program Peremajaan Kelapa Sawit Masyarakat di PTPN IV Regional I seluas 744,93 setelah dicakup. menunjukkan bahwa perusahaan konsisten menjaga tata kelola kelapa sawit dan konsisten bersinergi dengan masyarakat.

“Kehadiran PTPN IV Regional I mempunyai arti dan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar perusahaan, sekaligus membuktikan bahwa PTPN IV Regional I konsisten dan terus berupaya untuk menggairahkan pengembangan aspek sosial khususnya pada barang-barang perkebunan,” ujarnya. menangis.

Kedepannya, PTPN IV Regional I akan tetap konsisten membangun Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat pada Kelompok Tani, Koperasi dan Gabungan Kelompok Tani, dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *