Pilgub Sumut, PDIP & PKS Diprediksi Bakal Bersatu Melawan Bobby Menantu Jokowi

saranginews.com – Komentator politik Kariono Wibowo memperkirakan PDI Perjuangan akan menjadi poros politik Pilgub Sumut (Pilgub Sumut) 2024 bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurut dia, jika kerja sama kedua belah pihak terealisasi maka juara yang akan tampil lebih dulu akan bertemu Wali Kota Medan Bobby Nasution.

BACA JUGA: Banyak Parpol Dukung Bobby, Jokowi Beri Penjelasan, Ternyata!

“Kalau PDI Perjuangan dan PKS berkoalisi, bisa saja mengajukan calon gubernur yang kemungkinan besar akan berhadapan dengan Bobby,” kata Kariono kepada wartawan, Jumat (12/7).

Ia memperkirakan Edi Rahmayadi berpeluang dicalonkan sebagai calon gubernur Sumut pada 2024 jika PDI Perjuangan dan PKS bersinergi.

BACA JUGA: Ginting Dibebaskan karena Diduga Bakar Rumah Jurnalis di Kara, Perannya Terungkap

“Tidak menutup kemungkinan Edi Rahmayadi akan menjadi pilihan PDI Perjuangan untuk melawan Bobby yang didukung koalisi besar KIM Plus,” kata Kariono.

Ia melanjutkan, Edi dipandang sebagai sosok yang tepat untuk menandingi Bobby yang juga merupakan menantu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA: Untuk mencalonkan diri pada Pilgub Jabar atau DKI, Ridwan Kamil mengiyakan

Kariono mengatakan, Edi lebih cocok mencalonkan diri sebagai calon gubernur Sumut pada 2024 ketimbang bekerja sama dengan PDIP untuk mengusulkan sosok Basuki Tjahaj Purnam atau Ahok.

Dia mengatakan, sosok Ahok yang populer tidak cocok untuk kemajuan di Sumut, yang secara sosiologis masyarakat belum bisa menerima mantan Gubernur Jakarta tersebut.

“Meski sosok Ahok populer di masyarakat, namun ia kurang layak untuk dipromosikan di Pilgub Sumut. Sebab, karakteristik sosiologi masyarakat Sumut belum serta merta menerima sosok Ahok,” kata Kariono.

Namun, kata dia, kerja sama politik antara PDI Perjuangan dan PKS bisa jadi menghambat isu wakil gubernur mendampingi Edi.

PKS dan PDI Perjuangan, lanjutnya, tertarik mengangkat kader internal untuk bersaing pada Pilkada 2024 di Sumut.

Potensi perebutan jabatan kawaguba antara PDIP dan PKS akan menjadi masalah jika calon yang diusung untuk jabatan kawaguba adalah Edi Rahmayadi, ujarnya. 

Beberapa pihak belakangan menilai Bobby, menantu Jokowi, didukung oleh poros politik kuat yang akan bertarung dalam Pilkada 2024 di Sumut.

Awalnya, Gerindra menyatakan dukungannya terhadap Bobby. Belakangan muncul beberapa partai lain seperti Golkar, PAN, NasDem, Demokrat, dan PKB. (ast/jpnn) Jangan lewatkan video Pilihan Editor:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *