Nusa Prima Logistik, Pelopor Logistik Modern di Indonesia Dilengkapi Teknologi Canggih

saranginews.com, GRESIK – Indonesia membutuhkan solusi logistik yang efisien dan manajemen sistem yang baik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Penguatan sistem logistik dan distribusi sangat penting mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lebih dari 17 pulau yang tersebar di 38 provinsi.  Transportasi laut menjadi solusi logistik penting untuk mendistribusikan kebutuhan masyarakat Indonesia di berbagai wilayah.

BACA JUGA: Tingkatkan Kompetensi Profesional SDM, Kelompok FKS Gandeng 16 SMK

Namun tantangannya adalah rendahnya produktivitas transportasi laut yang berdampak pada tingginya biaya logistik.

Oleh karena itu, Nusa Prima Logistik (NPL) berinisiatif untuk menjadi pionir dalam menciptakan sistem manajemen yang efektif dan efisien.

BACA JUGA: Transisi Ramah Lingkungan dari Energi Hijau, Kelompok FKS Pasang Sistem Panel Surya

Nusa Prima Logistik merupakan perusahaan pertama yang bekerja sama dengan operator pelabuhan untuk membangun dan mengoperasikan infrastruktur terintegrasi dan modern.

Nusa Prima Logistik merupakan gudang angkutan modern, ramah lingkungan dan terintegrasi yang didirikan oleh konsorsium tiga perusahaan yaitu PT FKS Multi Agro Tbk., PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

BACA JUGA: Pelindo Logistics Solutions & FKS bersinergi perkuat logistik terintegrasi

Didirikan pada tahun 2014, NPL mulai beroperasi pada tahun 2017. Nusa Prima Logistik hadir sebagai pemain utama dalam bongkar dan penanganan makanan serta membawa kargo curah kering.

Kargo curah kering merupakan proses logistik pengiriman biji-bijian pangan seperti kedelai, debu, bubuk, butiran dan lain-lain.

“Bisa dibilang merupakan pelabuhan logistik modern yang besar di Asia Tenggara, bahkan terbesar kedua di Asia setelah China. Misi kami adalah memberikan solusi logistik modern dan terintegrasi dari pelabuhan hingga pintu gudang pelanggan (port-to-(door logistik) solusi) yang mencakup logistik pelabuhan, penyimpanan, transportasi dan distribusi. 

Basis pelanggan Nusa Prima Logistik adalah seluruh perusahaan terkemuka di industri makanan dan pakan di wilayah Jawa Timur, termasuk Daesang Ingredient Indonesia. “Kerja sama ini untuk bongkar muatan curah kering makanan dan pakan di Teluk Lamong, Surabaya,” ujar Welly Swandana, Chief Operating Officer NPL saat melakukan media tour bersama jurnalis Grup FKS Divisi ESG di Pelabuhan NPL, Teluk Lamong, mendampingi Gresik. .

Welly menjelaskan, fasilitas penanganan kargo di NPL dilengkapi dengan sistem pengangkutan yang canggih dan berstandar food grade dengan kecepatan bongkar muat yang sangat tinggi hingga 30.000 MT/hari.

Selain itu didukung dengan gudang transit dengan kapasitas penyimpanan 200.000 metrik ton (MT).

Fasilitas NPL ini terdiri dari 10 unit silo berkapasitas 80.000 MT dan 2 unit flat storage berkapasitas 120.000 MT yang mampu menangani kargo hingga 5.000.000 MT/tahun.

Welly Swandana, Chief Operating Officer NPL dan Komisaris Utama FKS Food Vincent Lim. Foto: Natalia Laurens / JPNN

Basis pelanggan Nusa Prima Logistik adalah seluruh perusahaan terkemuka di industri makanan dan pakan di wilayah Jawa Timur, termasuk Daesang Ingredient Indonesia.

Nusa Prima Logistik telah menjadi salah satu pintu gerbang masuknya bahan baku pangan dan pakan di Indonesia serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan industri logistik di Indonesia. 

Proses yang cepat ini tentunya akan menekan biaya logistik dan meningkatkan efisiensi, membantu menstabilkan harga pasar, mendukung program keamanan pangan dan meningkatkan daya saing sektor logistik di Indonesia.

“Kami memberikan solusi yang bertujuan untuk meminimalkan waktu tunggu proses bongkar muat di pelabuhan, mengoptimalkan kecepatan proses bongkar muat, menjaga kualitas penyimpanan dan memastikan pengiriman tepat waktu ke gudang pelanggan. Nusa Prima Logistik berdedikasi untuk menyediakan layanan yang andal dan hemat biaya solusi logistik untuk mendukung pertumbuhan perekonomian nasional dan menjadikan logistik di Indonesia tidak hanya sekedar kebutuhan tetapi juga merupakan keunggulan strategis,” tutup Welly. (flo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *