Caketum PB PMII Hasnu Ibrahim Tolak Calon Pimpinan BPK RI dari Unsur Politisi

saranginews.com, JAKARTA – Calon Ketua Pengurus Besar Gerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) periode 2024-2027, Hasnu Ibrahim, menolak keras proses pengangkatan pimpinan Otoritas Pengawas Keuangan Indonesia ( BPK) ) dari persoalan politik.

“Sebagai calon Ketua Umum PB PMII, kami menolak keras proses pengangkatan pimpinan BPK bidang politik,” kata Hasnu dalam keterangannya, Minggu (14/7).

BACA JUGA: Achsanul Qosasi, Tersangka Korupsi, Suara ART Selamatkan BPK RI

Menurut dia, BPK pada dasarnya adalah lembaga yang diamanatkan konstitusi untuk menyelidiki keuangan pemerintah, sehingga lembaga ini tidak boleh dirugikan oleh kepentingan politik yang nyata.

“Pintu masuk runtuhnya sistem dan lembaga BPK tergantung wajah pimpinan dan pelaksanaannya, proses seleksi saat ini harus benar-benar profesional dengan capaian dan hasil yang baik di mata masyarakat,” imbuhnya. .

BACA Juga: BPK RI Terpilih Sebagai Presiden Asosiasi Lembaga Pemeriksa Internasional

Hasnu yang juga Wakil Ketua PB PMII Bidang Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia menjelaskan, pihaknya menentang proses penjaringan calon anggota BPK 2024-2029 yang akan duduk di DPR jika datang. dari partai politik.

Ia yakin semua ini akan menimbulkan konflik kepentingan dan korupsi sistem.

BACA JUGA: KPK Usut Suap Bupati Meranti ke 2 Pejabat BPK Riau

Hasnu berharap panitia seleksi (pansel) yang menjalankan tugas itu berhati-hati agar calon terpilih tidak menimbulkan masalah, kegaduhan, dan independen dari partai politik.

Ia juga mendesak KPU dan DPR RI agar proses pemilihan Pimpinan BPK periode 2024-2029 bebas dari konflik kepentingan dan faksi politisi atau partai politik.

“Kami juga menghimbau agar proses pemilihan pimpinan BPK periode 2024-2029 harus mempertimbangkan faktor skill, integritas, dan hasil,” jelasnya.

Tak hanya itu, Hasnu juga meminta partisipasi masyarakat untuk memantau secara ketat proses rekrutmen pimpinan BPK selama tahun 2024 – 2029 guna menghasilkan pemimpin BPK yang berkualitas, profesional, dan jujur ​​(mcr8/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *