Alasan Meta Melonggarkan Akses Donald Trump di Facebook dan Instagram, Ternyata!

saranginews.com – Meta mengungkapkan telah memberikan kesempatan kepada politisi Amerika Donald Trump untuk berekspresi dan mengutarakan pandangannya di Facebook dan Instagram.

Presiden Meta Global Affairs, Nick Clegg, dalam postingan di blog resminya mengatakan, langkah tersebut diputuskan mengingat Donald Trump kembali terpilih dalam pemilu presiden AS kali ini.

PEMBARUAN: Donald Trump bersumpah untuk menyingkirkan pendukung Palestina jika terpilih sebagai presiden

Sebagai cara mendukung kebebasan berpendapat di tengah tantangan politik, Meta memutuskan untuk melonggarkan akses Donald Trump di dua platformnya, yaitu Facebook dan Instagram, setelah sebelumnya menangguhkan angka tersebut.

Meski demikian, Meta menegaskan, seluruh pelaku politik akan mengikuti pedoman masyarakat umum dalam berbagai aktivitasnya, termasuk terkait pengendalian ujaran kebencian.

UPDATE: Facebook Ganjar diserang akun dengan nama tak lazim

“Semua kandidat presiden AS tetap tunduk pada hukum publik yang sama seperti semua pengguna Facebook dan Instagram, termasuk kebijakan yang dirancang untuk mencegah ujaran kebencian dan hasutan untuk melakukan kekerasan,” kata Nick.

Sebelumnya, perusahaan teknologi Amerika itu telah menskors Trump setelah 6 Januari 2021, yang menyebabkan kekacauan di Capitol Hill pasca kenaikan Trump.

PEMBARUAN: Instagram Live sekarang lebih pribadi, lihatlah

Pada awal tahun 2023, Trump diizinkan kembali ke Facebook dan Instagram, namun ia tetap dimasukkan ke dalam kotak penalti.

Meta mengatakan pada saat itu bahwa pelanggaran konten tambahan dapat mengakibatkan akunnya ditangguhkan selama dua tahun lagi.

Sejak 30 Juni, Trump kembali memposting secara rutin di Facebook, membagikan video pertemuan dan serangan terhadap Presiden Joe Biden.

Dia memiliki 34 juta pengikut Facebook dibandingkan dengan Biden yang memiliki 11 juta pengikut. Di Instagram, ia memiliki hampir 25 juta pengikut dibandingkan Biden yang memiliki 17,1 juta pengikut. (tepi/semut/jpnn)

BACA ARTIKEL LEBIH LANJUT… Meta Mempertimbangkan Opsi Biaya Berlangganan untuk Instagram dan Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *