Bukan Hanya Jadwal Pendaftaran PPPK 2024 yang Ditunggu Jutaan Honorer

saranginews.com – SELATAN BANGKA – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bangka Selatan menjadi salah satu pemerintah daerah yang mulai mendaftar CPNS 2024 dan PPPK 2024.

Namun hingga saat ini, Badan Pengembangan Ketenagakerjaan dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bank Selatan masih belum mengetahui kapan pendaftaran PPPK 2024 dan CPNS 2024 akan dimulai.

Artikel Terkait: Dinobatkan K2 Kehormatan Prioritas oleh PPPK 2024, Penempatan di Brankas P1 Tanpa Tes

Roli Windrasari Safitri, Manajer Pengadaan, Transfer dan Pemasaran SDM BKPSDMD Bangka Selatan, mengatakan pihaknya masih menunggu jadwal resmi dari Komite Nasional CASN tahun 2024.

Pemda juga masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis Pilkada PPPK 2024 dan CPNS 2024.

Baca Juga: Tak heran batas waktu honorarium PPPK diundur ke 2025

“Saat ini kami masih menunggu petunjuk teknis dari Pancernas. Kami berharap seluruh formasi yang telah disiapkan terisi secara maksimal,” kata Toboari, Rabu (7 Oktober).

Perlu diketahui, tata cara pelaksanaan seleksi CASN 2024 dijelaskan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi atau PermenPAN-RB.

Baca juga: Ratusan Persetujuan PPPK Dibekukan, Jawaban Ombudsman Tegas

PermenPAN-RB Pengadaan PPPK 2024 tentunya memuat sejumlah pedoman dalam melakukan seleksi, termasuk bentuk pengakuan yang akan diberikan kepada penerima penghargaan.

Merujuk pada seleksi tahun 2023, akan dibuat PermenPAN-RB tersendiri untuk pengadaan guru PPPK tahun 2024.

Begitu pula dengan Peraturan Menteri Reformasi Administrasi Pengadaan CPNS 2024.

Meski jadwal pendaftaran CASN 2024 belum dapat ditentukan, Lori mengingatkan calon pelamar untuk menghindari praktik calo.

“Kami ingin mengingatkan seluruh peserta seleksi CASN untuk tidak mempercayai broker yang mengambil risiko dengan menjanjikan kesuksesan,” kata Lori Windrasari Safitri.

Ia mengatakan para peserta harus berpikir bijak karena tidak ada yang bisa membantu mereka lulus ujian karena kelulusan tergantung pada kemampuan mereka sendiri.

“Semua ujian bergantung pada kemampuan pribadi masing-masing peserta. Seluruh proses seleksi mulai dari pendaftaran awal hingga tes kemampuan akan dilakukan secara online,” ujarnya.

Lori mengimbau seluruh peserta seleksi CPNS dan PPPK 2024 mempersiapkan diri sebaik-baiknya, dimulai dari proses deklarasi administrasi sesuai persyaratan.

“Mohon kesiapannya untuk mengikuti dengan baik proses seleksi keterampilan yang akan dilakukan melalui CAT (Computer Based Testing),” ujarnya.

Untuk pemilu CASN 2024, Pemkab Bangka Selatan menyiapkan 1.970 formasi sesuai dengan usulan dan persetujuan Kementerian Pemberdayaan Peralatan Nasional dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Jumlah rekrutmen CASN tahun ini sebanyak 1.970 orang, yang terdiri dari 20 orang PNS dan 1.950 orang pegawai negeri sipil berdasarkan kontrak kerja (PPPK),” ujarnya. (Antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *