Begini Cara TNI AL Mendukung Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional

saranginews.com, LAMPUNG – Sebagai TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut tidak hanya bertugas menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia, namun juga bertanggung jawab mengembangkan sektor keamanan maritim meliputi aspek geografi, arah, kondisi sosial dan alam. sumber daya.

Oleh karena itu, TNI Angkatan Laut terus mendukung rencana pemerintah untuk menjamin ketahanan pangan nasional dengan memperkuat kemampuan maritim kita.

BACA JUGA: Dukung ketahanan pangan nasional, Pupuk Indonesia bersiap penuhi kebutuhan pupuk petani di Sulawesi Selatan

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Hal itu diungkapkan Muhammad Ali dalam pesannya yang dibacakan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksda TNI Erwin S. Aldhedarma saat melakukan peninjauan panen raya TNI AL bertajuk “TNI Angkatan Laut sedang mengerahkan dan menyediakan pangan ke wilayah pesisir. ” masyarakat untuk mengakui raja, kemerdekaan, pembangunan manusia” di Lampung, Rabu (7 Oktober).

Pengerjaan dimulai dengan kedatangan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman didampingi Wakil Kepala Staf dan Wakil Kepala Kantor Jalasenastri, Ibu. Ketty Erwin S. Aldedharma mempelajari produksi berbagai pangan milik TNI Angkatan Laut di Lampung, seperti rumah kaca Magot dan Melon Inthanon, budidaya benih ikan, hingga pemanenan ikan bawal di keramba oleh TNI Angkatan Laut.

BACA JUGA: Ninis Kesuma Adriani, Pahlawan BUMN Bertekun Usai Ketahanan Pangan Nasional

Proyek dilanjutkan ke Mako Lanal Lampung untuk melakukan tur peralatan dan melakukan pemanenan varietas padi irigasi INPRIDA (INPARI-32) dan Situbagendit secara bersama-sama. Pekerjaan kemudian dilanjutkan dengan penanaman padi secara simbolis.

Usai penanaman padi, acara pembukaan masjid AL-Hafidzhan di Mako Lanal Lampung dilanjutkan. dan pada KTT tersebut, Menteri Pertanian melakukan uji coba makanan bergizi gratis dengan partisipasi ratusan pelajar.

BACA JUGA: Pupuk Indonesia siap dukung ketahanan pangan nasional

Setelahnya, para tamu dan pelajar menyaksikan latihan parasut TNI Angkatan Laut.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPR RI periode 4 Bapak Sudin S.E dan Pj Gubernur Lampung Dr. Dokter. Syamsudin telah melaksanakan tugas penyediaan barang kebutuhan pokok dan perlengkapan sekolah kepada masyarakat serta bantuan pangan kepada Menteri Pertanian dan ambulans dari Pj Gubernur Lampung hingga Wakil Kepala Staf.

Misi berakhir sukses dengan kapal Satkowil TNI Angkatan Laut.

Lahan produksi pangan TNI AL yang dikelola Lanal Lampung dan Brigif 4 Marinir seluas 1.182 hektar, meliputi lahan jagung 42 hektar, lahan padi 250 hektar, kebun buah-buahan 3 hektar, dan lahan pisang, alpukat, dan kelapa 262 hektar.

TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk menyukseskan rencana pemerintah menjamin ketahanan pangan dengan mengubah lahan tak terpakai menjadi lahan produktif dan memberdayakan masyarakat lokal dengan meningkatkan peningkatan produksi pangan.

Pada rangkaian panen kali ini juga dilaksanakan berbagai layanan kesehatan dan kesejahteraan sosial seperti pengobatan umum, kedokteran gigi, donor darah, khitanan umum, dan pendidikan anak kepada seluruh masyarakat setempat, termasuk para tenaga medis umum yang terlibat di TNI-Polri, Lafiya. Dinas (Dinkes) dan Provinsi Lampung (Jumat/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *