Sineas Ternate Sangat Antusias Mengikuti Workshop Fesbul

saranginews.com, TERNATE – Workshop festival film bulanan (Fesbul) kali ini digelar di kota Ternate. Merupakan kota yang indah dan memiliki beragam keindahan alam, hasil pertanian, oleh-oleh dan sejarah yang membentuk kisah kota Ternate.

Passion, Roots, Movement menjadi tema workshop Fesbul tahun ini yang dilaksanakan pada 5-7 Juli 2024.

Baca juga: Fezbull Locus 6 Buka Gorontalo, Sineas Kepulauan Maluku Bersiap!

Program ini bertujuan untuk memfasilitasi dan mengembangkan jaringan sineas di Indonesia, khususnya di wilayah Lokus 6 Gorontalo, Maluku Utara, dan Maluku, dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenperekraf) di Indonesia.

Tanpa alasan, tim Facebook mengadakan workshop di Ternet. Selain keragaman budaya dan keindahan alam, para sineas muda di kota Ternate sangat berbakat di dunia perfilman. Makanya sayang kalau kita salah.

Baca juga: Fesbul Locus 5 Lengkap: Ini Film Pilihan 2 Sineas Muda Papua

Sekitar 20 kontestan hadir dan mendapatkan kesempatan emas untuk mempelajari teknik dan trik film dari berbagai sudut pandang.

Penulisan skenario, penyutradaraan dan pembuatan film dibahas dalam lokakarya Locus 6 ini.

Baca juga: Fezbul membuka pendaftaran Seleksi Film Lokus 5 bagi sineas di wilayah Papua

Pemandu ahli di bidang produksi bersama Abdul Manaf, penulisan naskah bersama Ridho Brado, dan penyutradaraan bersama Maqbool Mubarak membimbing mereka secara langsung.

Workshop Film Fesbul akan berlangsung selama 3 hari. Pada hari pertama, peserta berkesempatan untuk mempresentasikan ide cerita, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh mentor untuk memberikan wawasan mengenai pembuatan film.

Hari kedua dilanjutkan dengan sesi one on one mentoring, dimana peserta dapat berkonsultasi langsung dengan mentor mengenai proyek filmnya.

Seluruh rencana yang telah dilaksanakan diperbaiki dan masukan diterima agar pekerjaan menjadi lebih baik lagi.

Pada hari terakhir, para peserta menjalani proses pengajaran dan menyampaikan ide cerita.

Melalui lokakarya ini, peserta juga dapat berjejaring dan mendiskusikan potensi kolaborasi di masa depan.

“Lokakarya ini memberikan dampak yang besar bagi saya pribadi. Berkat workshop ini, saya bertemu orang-orang kreatif dan terhubung dengan pembicara-pembicara hebat. Imam Jurdil Makmur, salah satu peserta workshop Locus 6 mengatakan, “Dari beliau kita bisa belajar pandangan yang lebih baik tentang dunia film.”

Lokakarya Film Fesbul memberikan kesempatan kepada 2 proyek film pendek terbaik dari semua sektor untuk memasuki dunia komersial dan berpartisipasi dalam pasar Festival Film Internasional 2025.

Untuk melanjutkan semangat tersebut, Fesbul menyelenggarakan Workshop Film Fesbul Lokus 7 mendatang di Makassar, Sulawesi.

Pendaftaran dibuka bagi sineas dari wilayah Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara mulai tanggal 10 hingga 24 Juli 2024.

Melalui program ini diharapkan film-film lokal semakin berkembang dan berkolaborasi serta menciptakan karya berkualitas yang dapat dinikmati masyarakat luas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Fesbul, kunjungi website resmi www.fesbul.id atau Instagram @fesbul.id. (Dil/JPNN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *