Survei Populix: Gen Z Memainkan Peran Penting pada Ekosistem Perekonomian Digital

saranginews.com, JAKARTA – Perbankan digital Indonesia terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Pertumbuhan tersebut tidak lepas dari peningkatan transaksi digital yang dilakukan masyarakat.

BACA JUGA: Bank DKI perluas layanan perbankan digital seiring Jakarta menjadi kota global

Studi yang dilakukan Populix menyebutkan faktor pendorong penggunaan perbankan di Indonesia adalah keamanan, kemudahan bertransaksi, dan kemudahan penggunaan aplikasi.

“Keamanan data dan transaksi (31%), fleksibilitas dalam mengakses aplikasi (12%), kelengkapan fitur (12%), integrasi dengan layanan keuangan lainnya (11%) dan pengembangan khusus (10%),” ujar wakil presiden pembelajaran . . Populix Indah Tanip.

BACA JUGA: BRI dan SRCIS akan promosikan layanan perbankan digital di gerai ritel

Menurutnya, pertumbuhan perbankan digital akan sangat dipengaruhi oleh Generasi Z yang saat ini merupakan kelompok generasi terbesar di Indonesia, “Generasi Z akan berperan penting dalam ekosistem ekonomi digital,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada tiga bank digital yang diminati generasi milenial saat ini, yakni SeaBank, Bank Jago, dan BCA by Blu.

BACA JUGA: MangoStar Telkomsat Fasilitasi Layanan Perbankan Digital di Pulau Sambu

Selanjutnya penelitian pada responden di wilayah Jabodetabek menggunakan 2-3 aplikasi perbankan digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari responden.

Bank digital terutama digunakan untuk mengisi ulang e-wallet, transfer antar bank, pembelian di platform e-commerce atau online, dan transfer antar rekening (47%).

Hal ini sesuai dengan hasil survei bahwa SeaBank memiliki semua fitur yang banyak dipilih nasabah.

“Bank digital menjawab tuntutan mereka akan transaksi yang cepat, mudah, dan aman,” ujarnya.

Survei tersebut berfokus pada beberapa alasan yang mendorong keputusan Gen Z untuk menggunakan bank digital untuk mendukung kebutuhan transaksinya, seperti kecepatan dan kemudahan transfer uang, integrasi dengan e-wallet, dan layanan pembayaran lainnya.

Banyak faktor yang mempengaruhi responden memilih bank digital, seperti biaya administrasi dan biaya transaksi yang rendah (56%), program promosi/diskon/cashback (52%), keamanan bank (50%), desain aplikasi yang mudah digunakan. . (49%), fleksibilitas dalam percakapan sehari-hari (47%) dll.

Secara keseluruhan, SeaBank sering dipilih oleh Gen Z karena fitur-fitur seperti gratis pengelola dan biaya transaksi yang ditawarkan bank ini untuk transaksi sehari-hari, menyediakan banyak program promosi menarik dan aplikasi yang mudah digunakan.

Selain itu, Bank Jago dipilih karena terintegrasi dengan aplikasi lain dan demi keamanan aplikasi Blu Blu serta layanan pelanggan yang responsif. (ddy/jpnn)

BACA JUGA… Layanan Perbankan Digital, Bank IDI Gandeng Sinarmas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *