Survei Median: Elektabilitas Johny Kamuru Moncer di Pilkada Kabupaten Sorong

saranginews.com – Terpilihnya dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sorong, Johny Kamuru dan Ahmad Sutedjo, menjadi yang terbaik jelang Pilkada 2024 berdasarkan Media Survei Nasional (Median).

Berdasarkan hasil survei Median, pilihan Johny Kamuru dan Ahmad Sutedjo lebih tinggi dibandingkan pemilih lainnya dengan perolehan 40,1 persen.

BACA JUGA: Survei LSI: Pilihan Abner Reinal Tertinggi di Pilkada Kota Sorong

Urutan kedua ditempati Musa Lazarus Malagam dan Suprapto dengan kekuatan 25,2 persen.

Kemudian berpasangan Zeh Kadaloka dan Ishak Kambuaya (0,9%), sedangkan sisanya 33,8 persen tidak menjawab atau tidak tahu.

BACA JUGA: Hal ini diungkapkan Kapolri soal pemeriksaan awal Pegi Setiawan

Peneliti media Rico Marbun mengatakan mayoritas responden memilih Johny Kamuru dan Ahmad Sutedjo saat disodori beberapa daftar calon gubernur dan wakil gubernur di Kabupaten Sorong.

Ternyata sekitar 40,1 persen memilih pasangan Johny Kamuru dan Ahmad Sutedjo. Jauh lebih tinggi dibandingkan pasangan lainnya, kata Rico, dikutip dari siaran pers, Selasa (9/7).

BACA LEBIH LANJUT: Mengejutkan! Itu sebabnya PSI melirik Deddy Corbuzier untuk Pilkada DKI

Dalam survei tersebut, Median juga menunjukkan tingkat elektabilitas pemilih Kabupaten Sorong secara head to head, antara Johny Kamuru dan Musa Lazarus Malagam.

Hasilnya, kata Rico, perolehan suara Johny Kamuru masih tinggi yakni 39,3 persen, sedangkan Musa Lazarus Malagam hanya mendapat 25,8 persen. Sisanya sebesar 34 persen tidak menjawab atau tidak tahu.

Survei median dilakukan pada periode 22-29 Juni 2024. Populasi penelitian adalah seluruh penduduk Kabupaten Sorong yang mempunyai hak pilih.

Sampel survei sebanyak 800 responden dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling, dengan margin of error +/- 3,39 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dan kendali mutu sampel 20 persen.

“Temuan penelitian menunjukkan tren kebijakan yang terjadi selama periode pengumpulan data.” Rico Says (fed/jpnn) Jangan lewatkan video Pilihan Editor ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *