Keren! Pupuk Kaltim Raih Penghargaan AREA 2024 di Vietnam

saranginews.com, JAKARTA – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menerima penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) 2024 kategori pemberdayaan sosial.

Manajemen Pupuk Kaltim mendapat penghargaan dari Enterprise Asia, Ho Chi Minh Vietnam.

BACA JUGA: Pupuk Kaltim sukses meraih Properda Emas ke-9 Pemprov Kaltim

Selain itu, Pupuk Kaltim juga berhasil meraih penghargaan ESG Champion of ASIA, dan mendapatkan penghargaan Silver Emblem of Sustainability, setelah mendapatkan penghargaan AREA Award atas enam inisiatif berturut-turut atas inisiatif masyarakat dan pemberdayaan lingkungan yang dilaksanakan dengan berbagai perbaikan setiap tahunnya.

VP TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi mengatakan, capaian ini mengacu pada inovasi sistem pertanian Fertilitas Pertanian (PKT BISA) yang sengaja dicanangkan untuk memperkuat pembangunan lahan berkelanjutan, serta memenuhi ekonomi sirkular ekonomi. . sektor pertanian untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

BACA JUGA: Mendag Regulasi Perdagangan 8/2024 Berdampak Banjir Produk BBM Impor

Program ini merupakan tindak lanjut dari proyek Agro Solution yang dilaksanakan di Pupuk Kaltim di Dusun Babadan, Desa Kepuh Rejo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Melalui program PKT BISA, Pupuk Kaltim membantu petani meningkatkan daya dukung lahannya, dengan meningkatkan penggunaan pupuk dan mengurangi penggunaan pupuk industri.

BACA JUGA: Asuransi Jasindo TJSL Umumkan Pendanaan hingga Rp 1 Miliar

Apalagi di Dusun Babadan banyak terdapat kotoran hewan dan kambing yang juga meresahkan masyarakat karena tidak diolah dengan baik. PKT BISA melihat potensi tersebut, dengan mengolah kotoran hewan menjadi kompos menggunakan Bioaktivator buatan Pupuk Kaltim. , yaitu Biodex,” kata Sugeng, Kamis (4/7) lalu.

Masyarakat Babadan mempunyai pengetahuan membuat kompos dari awal, dengan bantuan bertahap.

Terakhir, masyarakat mampu memproduksi pupuk organik untuk digunakan pada lahan pertaniannya sebagai bentuk nilai tambah.

Sugeng melanjutkan, “Seiring dengan perubahan sifat pertanian dan kondisi lahan, pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang sektor pertanian juga meningkat. Dan kapasitas pupuk juga meningkat. .

Dari yang semula hanya beranggotakan sedikit orang, kini usaha pupuk yang dipimpin oleh PKT BISA di Dusun Babadan mulai berkembang menjadi kelompok besar yang diberi nama “Babadan Makmur”.

Terdiri dari beberapa kelompok yang dikembangkan seperti Koperasi Antar Generasi Mandiri, Kelompok Tani Dusun Babadan, Kelompok Peternakan Mandiri, Kelompok Pemancing Tirto Wening, Kelompok Orang Tua UMKM Milenial, dan Kelompok Kompos Tabur Makmur.

Semua kelompok ini menciptakan kemitraan yang efektif, yang pada akhirnya menghubungkan aktivitas satu sama lain untuk menciptakan rantai nilai yang berkelanjutan. 

“Dengan program ini, Pupuk Kaltim tidak hanya mendukung penghidupan petani tetapi juga berkontribusi dalam peningkatan kualitas lahan dan tanaman, melalui pengelolaan pertanian ramah lingkungan,” jelas Sugeng.

Untuk memperkuat potensi pengembangannya, Pupuk Kaltim juga menggandeng jajarannya untuk memberikan poin-poin lain kepada anggota Babadan Makmur, untuk terus mendukung usaha pupuk yang mandiri dan berdaya saing.

Sugeng mengatakan: “Kekuatan seperti ini terus digalakkan di Pupuk Kaltim sebagai salah satu cara untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan hidup, kami mengedepankan proses perekonomian dengan melakukan pemberdayaan. Termasuk mendorong sistem pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.”

Penghargaan AREA 2024 inilah yang mendorong Pupuk Kaltim untuk terus berkembang ke arah yang berbeda, sehingga penghidupan petani Indonesia melalui ekonomi sirkular dapat berhasil diraih.

Kami yakin konsep PKT BISA dapat menjadi proyek percontohan untuk digunakan di tempat lain, sehingga penerima manfaatnya akan semakin banyak.

Sugeng Suedi mengatakan: “Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Pupuk Kaltim untuk terus berkontribusi terhadap lingkungan, serta berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang berkelanjutan.” (Chi / Jepang)

BACA JUGA… Pupuk Kaltim Raih 2 Penghargaan Terbaik di IRCA 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *