Dokter Forensik Ungkap Fakta Penyebab Kematian Wartawan yang Dibakar di Karo

saranginews.com, MEDAN – Polres Tanah Karo, Polda Sumut (Sumut) menangkap dua tersangka pelaku pembakaran rumah reporter Tribra TV Rico Perfecto Pasaribu yang menewaskan empat orang anggota keluarganya.

Sejumlah fakta terkait kasus pembakaran rumah jurnalis pun terungkap, dan salah satunya soal penyebab meninggalnya korban.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Press House di Kar, Pangdam I Bukit Barisan Bilang Begini

Dokter RS ​​Bhayangkara TK II Medan, dr. Ismurizal SpF mengabarkan, Rico Perfect Pasaribu yang merupakan jurnalis di Kabupaten Karo meninggal dunia akibat dibakar.

Keempat korban masih hidup sebelum dibakar. Mereka menghirup bahan bakar tersebut, yang dibuktikan dengan ditemukannya goresan pada tubuh korban, kata Ismurizal di Medan, Selasa (7 September).

BACA JUGA: Terungkap Pembakaran Rumah Jurnalis di Kar, 4 Orang Meninggal, 2 Pelaku Ditangkap

Empat orang, yakni Rico Perfect Pasaribu, Efprida Boru Ginting (istri), Sudiinveseti Pasaribu (anak di bawah umur), dan Lowi Situngkir (menantu) tewas dalam kebakaran pada Kamis (27/6) dini hari.

Ismurizal menjelaskan, korban sebagian besar mengalami luka bakar derajat enam.

BACA JUGA: Ini Kata Kapolri Soal Praperadilan Pegi Setiawan

RS Bhayangkara Medan menerima jenazah korban dari Polsek Tanah Karo dalam kondisi seperti itu, jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Sumut Komjen Agung Setya Imam Efendi mengatakan, dokter juga menemukan adanya penyakit pada paru-paru dan usus keempat korban.

Selain itu, tubuh tidak dapat mendeteksi obat tersebut karena organ dalam sudah terhubung dan tidak dapat melihat urin.

Penemuan kasus seperti itu, laboratoriumnya disebut investigasi kriminal (SCI). Deteksi investigasi, kata Komjen Agung.

Investigasi kriminal adalah metode yang menggabungkan metode sistematis dan penelitian ilmiah untuk mengumpulkan bukti guna memerangi kejahatan dan menyelesaikan proses hukum.

Cara ini digunakan agar pihak berwenang dapat mengambil kesimpulan berdasarkan rincian dari berbagai disiplin ilmu, sehingga penyebab kebakaran dapat diketahui dengan jelas.

Tim Polda Sumut sebelumnya menangkap dua orang bernama RAS dan YT yang diduga sebagai pelaku pembakaran keluarga jurnalis Rico Perfect Pasaribu di Jalan Nabung Surbakti, Kabupaten Karo.

Agung mengatakan pelaku ditangkap sebagai pembunuh.

Terdakwa pelaku berdasarkan rekaman CCTV (CCTV) memperbolehkan mereka bergerak menuju lokasi rumah korban.

Para pelaku kemudian ditemukan dan diobservasi, lalu mereka menyelesaikan penembakan dengan membakar rumah tersebut dengan campuran pertalite dan bensin pada Kamis (27/6) dini hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *