Bendungan Cipanas Diresmikan, Bupati Nina Sebut 6.000 Hektare Sawah Indramayu Dapat Terairi

saranginews.com, IDRAMAYU – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Bendungan Cipanas di Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Selasa (7/9).

Ma’ruf mengatakan, bendungan ini akan memberikan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, mulai dari sumber irigasi, sumber air baku, pengendalian banjir, hingga pembangkit listrik.

BACA JUGA: Bendungan Ameroro karya PT Hutama Karya membawa banyak manfaat bagi masyarakat

Fungsi terbaik bendungan dalam menunjang kehidupan masyarakat dan perekonomian adalah tidak hanya berfungsi sebagai sumber air baku, tetapi juga berkontribusi terhadap ketahanan pangan dan energi, kata Ma’ruf.

Dia mengatakan ketahanan pangan harus membantu meningkatkan penanaman dan pemanenan lahan di wilayah tersebut.

BACA JUGA: Presiden meresmikan Bendungan Karian yang baru saja selesai dibangun Waskita Karya

“Selain itu, bendungan juga berpotensi dijadikan objek wisata baru,” ujarnya.

Ia mengatakan pengembangan tempat wisata di sekitar Bendungan Cipanas akan sangat membantu perekonomian masyarakat setempat. 

BACA JUGA: Hujan Deras dan Bendungan Meluap di Sukabumi

“Pastikan pemanfaatan Bendungan Cipanas sangat digalakkan oleh masyarakat Kabupaten Sumedang, Indramayu dan sekitarnya, terutama untuk mendukung produksi pertanian dan industri serta penyediaan air bersih dan pengurangan dampak banjir,” tegasnya.

Namun Wapres mengingatkan, ketika membangun bendungan, desa-desa di hilir dan di hulu tentu saja tidak akan mendapatkan manfaat yang sama.

Untuk itu, pihak berwenang harus lebih berhati-hati dan bersatu untuk memberikan kewenangan kepada masyarakat di hulu bendungan.

Ma’ruf juga menekankan pentingnya tata kelola pemerintahan.

“Pelihara dan rawat bendungan dengan baik dan efisien untuk memperpanjang umur bendungan dan peralatan yang ada,” sarannya.

Sementara itu, Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, pembangunan Bendungan Cipanas akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di Kabupaten Indramayu, khususnya dalam penyediaan air bersih dan irigasi.

Menurut Nina, mengutip data DPUPR Kabupaten Indramayu, air Bendungan Cipanas diharapkan dapat mengairi sekitar 6.120 hektare di Kabupaten Indramayu, khususnya Kecamatan Terisi, Kecamatan Gabuswetan dan wilayah lain di Kecamatan Kandanghaur.

“Alhamdulillah hari ini dibuka wakil presiden dan ini sangat bermanfaat khususnya bagi pertanian Indramayu. Harapan kami dengan dibangunnya Bendungan Cipanas target produksi beras 1,8 juta ton bisa tercapai,” tegas Nina. (mcr23/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *