Anda Bisa Menjaga Kesehatan Jantung dengan Menggunakan 5 Bahan Alami Ini

saranginews.com, JAKARTA – Kesehatan HATI harus selalu dijaga. Hal ini dikarenakan jantung merupakan organ tubuh manusia yang paling penting.

Selain berolahraga dan istirahat yang cukup, penting juga untuk berhati-hati dalam mengonsumsi makanan sehat yang tepat agar jantung tetap sehat setiap saat.

BACA JUGA: 5 jenis jus yang baik untuk jantung

Menurut David Katz, MD, MPH, pendiri Real Health Initiative, mengonsumsi makanan alami dan nabati merupakan sumber utama pencegahan serangan jantung.

Berikut penjelasannya seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: 4 Bahan Alami yang Bikin Wajah Glowing 1. Kacang Hitam

Satu cangkir kacang hitam mengandung hampir lima gram serat larut, yang mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan mengeluarkan kolesterol dari tubuh.

Kacang hitam juga kaya akan antosianin, antioksidan yang membantu melindungi jantung.

BACA JUGA: 3 Minuman yang Akan Menjaga Kesehatan Jantung

“Kacang penting dalam semua pola makan zona biru,” kata Katz.

Oleh karena itu, sebagai pengganti daging, pilihlah kacang hitam. Masukkan biji kacang hitam ke dalam salad dan sarapan, atau buat roti quinoa Anda sendiri. tomat

Pasta tomat kalengan, jus, dan saus mengandung likopen dalam jumlah tertinggi, antioksidan yang telah lama diteliti manfaatnya bagi kesehatan jantung, termasuk mengurangi peradangan dan kemungkinan meningkatkan aliran darah.

Berikan makanan olahan berbahan tomat, seperti pasta gandum utuh dengan saus marinara atau jus tomat, untuk mendapatkan lebih banyak likopen. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang mengandung sebagian besar polifenol dan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung.

Menurut sebuah studi baru di jurnal Circulation American Heart Association, orang yang mengikuti diet Mediterania dan mengonsumsi empat sendok makan minyak zaitun extra virgin setiap hari selama setahun memiliki fungsi HDL yang jauh lebih baik, yang berarti penghilangan plak lebih baik dan pembuluh darah lebih rileks.

Pola makan ini dibandingkan dengan kelompok kontrol “sehat” yang berfokus pada pengurangan konsumsi daging merah, makanan olahan, produk susu tinggi lemak, dan makanan manis.

Untuk meningkatkan fungsi HDL, campurkan minyak zaitun extra virgin dengan salad dan telur rebus. Masak dengan api kecil atau sedang 4. sarden

Sarden adalah sumber utama asam lemak omega-3 yang berasal dari laut, lemak tak jenuh yang telah terbukti bermanfaat bagi jantung.

Omega-3 juga menurunkan kadar trigliserida (lemak dalam darah) dan memperlambat pembentukan plak arteri.

Anda bisa memakannya langsung, dengan minyak zaitun atau dengan saus tomat.

Pedoman Diet USDA merekomendasikan makan delapan ons makanan laut per minggu, jumlah yang dikaitkan dengan penurunan kematian jantung. Stroberi

Dalam sebuah penelitian besar di jurnal Circulation, para peneliti mengamati catatan harian makanan masyarakat dan menemukan bahwa mereka yang makan stroberi dan blueberry tiga hari seminggu memiliki risiko serangan jantung 32% lebih rendah.

Sementara buah-buahan lainnya juga mengandung antioksidan kuat antosianin yang baik untuk jantung (genpi/jpnn).

BACA ARTIKEL LENGKAP… 3 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *