Polres Garut Razia Bus Wisatawan yang Pasang Klakson Telolet

saranginews.com, GARUT – Polres Garut meninjau langsung kondisi bus wisata di kawasan wisata Kabupaten Garut, Jawa Barat, untuk memastikan setiap kendaraan tidak dipasangi sirine “telolet” karena mengganggu kenyamanan dan berbahaya di jalan.

“Ini (membunyikan klakson telolet) bisa membahayakan pengguna jalan lain,” kata Kepala Divisi Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi di Garut, Senin.

BACA JUGA: Tips memilih busi yang tepat untuk kendaraan Anda, hati-hati jangan sampai salah pilih, berbahaya

Ia mengatakan, pemeriksaan klakson tidak rutin pada bus wisata yang akan datang ke Garut dilakukan secara rutin untuk menjaga keselamatan dan menghindari potensi bahaya lain di jalan.

Salah satunya, kata dia, dengan melakukan pemeriksaan terhadap bus wisata di kawasan wisata Sabda Alam Cipanas Garut, sekaligus menghimbau kepada pengemudi untuk memperhatikan keselamatan dan tidak menggunakan sirene “telolet”.

BACA JUGA: Tur ke Dua Perusahaan, Pj Gubernur Jateng Cek Kondisi Kerja dan Perkembangan Usaha

“Sekarang penggunaan ‘telolet’ sudah berkurang, kami menghimbau kepada pengusaha atau pengemudi bus wisata yang melewati Garut untuk tidak membunyikan klakson ‘telolet’,” kata Aang.

Dikatakannya, saat pemeriksaan bus wisata di tempat wisata, tidak hanya klakson yang diperiksa, tapi juga perlengkapan lain seperti surat keterangan kendaraan dan kondisi kendaraan.

BACA JUGA: Penemuan Mayat Tanpa Busana di Sukabumi Bikin Geger

Pemeriksaan yang melibatkan tim uji profisiensi kendaraan ini, kata dia, merupakan upaya kepolisian menjaga keselamatan jalan di kawasan Garut.

“Diharapkan dapat mengurangi peluang terjadinya kecelakaan di jalan raya dan memberikan kenyamanan bagi pengemudi lainnya,” ujarnya.

Ia berharap peraturan lalu lintas dapat mengikuti seluruh aspek masyarakat sehingga pengguna jalan, khususnya pengemudi bus, menaati aturan untuk menjamin keselamatan perjalanan.

“Kami berharap kerja sama antara polisi dan pengendara terus terjalin untuk menciptakan lalu lintas di Garut lebih aman dan tertib,” ujarnya. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… 5 Berita Terpenting: Korban Kecelakaan Tol Sibanceh Dipamerkan, Dalang Ditangkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *